Edukasi mengenai keuangan diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mengenai manfaat dan risiko atas produk dan jasa keuangan yang digunakan
Jambi (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi memberikan edukasi kepada ratusan pelajar dalam kegiatan Finansial Expo 2023 guna meningkatkan pemahaman terkait manfaat penggunaan produk jasa keuangan.

Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata di Jambi, Minggu, mengatakan pihaknya bersama lembaga jasa keuangan setempat optimistis kegiatan edukasi keuangan dapat meningkatkan indeks literasi keuangan.

Terdapat 200 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengikuti edukasi tersebut. Ratusan siswa itu diperkenalkan dengan produk jasa keuangan yakni tabungan Simpanan Pelajar (Simpel).

Diharapkan dengan itu para pelajar dapat membiasakan diri menabung sejak dini sehingga memiliki persiapan dana untuk masa depan.

Selain menyasar pelajar, dalam agenda bulan inklusi keuangan OJK juga memberikan edukasi bagi mahasiswa di Jambi beberapa waktu lalu.

Menurut Yudha, edukasi masih terus diperlukan mengingat hasil survei di Jambi pada 2022 yang menunjukkan tingkat literasi keuangan tercatat sebesar 46,49 persen lebih rendah dibandingkan hasil survei nasional.

Untuk tingkat inklusi keuangan di Jambi tercatat mencapai 95,19 persen lebih tinggi dari hasil survei nasional.

Dari hasil survei itu, kata dia, menunjukkan anomali banyak masyarakat yang telah menggunakan produk atau layanan keuangan tali belum memiliki pemahaman yang baik terhadap produk keuangan yang digunakan.

"Edukasi mengenai keuangan diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mengenai manfaat dan risiko atas produk dan jasa keuangan yang digunakan," katanya.

Dengan pemahaman yang matang, kata dia, diharapkan dapat mengurangi gap antara tingkat literasi dan inklusi keuangan setempat.

Baca juga: OJK mencatat pinjaman online warga Jambi capai Rp148 miliar

Baca juga: OJK: Penyaluran kredit di Jambi capai Rp48 triliun hingga Agustus 2023

Baca juga: OJK edukasi finansial bagi ribuan mahasiswa di Jambi

Pewarta: Tuyani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023