Jakarta (ANTARA) - Pembalap asal Malang, Farudilla Adam, menjadi juara umum dalam ajang balap supermoto bergengsi SuperAdventure International Supermoto Race (SISR) Seri Kejurnas 2023.

Kepastian tersebut didapat setelah Farudilla menaklukan Sirkuit Parkir Barat JIEXPO Kemayoran dan menjadi yang tercepat alias juara di kelas utama FFA 250 pada Sabtu malam.

"Dari 10 seri tahun ini, memang yang paling sulit di seri terakhir ini. Karena saya harus bisa mempertahankan puncak klasemen dan meraih poin maksimal," ujar Farudilla melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Meski saingan dari rider lain cukup berat, lanjut Farudilla, yang paling sulit adalah melawan diri sendiri.

"Karena saya harus menahan ego dan berusaha untuk tidak menganggap enteng lawan-lawan saya," ujar Farudilla menambahkan.

Baca juga: Farudilla Adam juara FFA 250 di Kejurnas Superadventure Supermoto Race

Farudilla tampil konsisten dan mempertahankan keunggulan dari pesaing-pesaing terdekatnya yakni Tommy Salim, Yasiin Somma, dan Doni Tata.

Pada Moto2 yang berlangsung Sabtu malam, Farudilla mampu mencatatkan total waktu tercepat tujuh menit 58,319 detik

Sementara posisi kedua diraih Yasiin dengan total waktu tujuh menit 58,798 detik, dan posisi ketiga menjadi milik Tommy dengan delapan menit 05,244 detik.

Berkat kemenangan di seri pamungkas itu, Farudilla total mengoleksi 237 poin yang membuatnya tak terkejar oleh Tommy di posisi dua dengan 224 poin dan posisi ketiga ditempati Yasiin dengan 201 poin.

Farudilla Adam sukses merengkuh gelar Juara Umum FFA 250 SuperAdventure International Supermoto Race Seri Kejurnas 2023.

Selain sengitnya persaingan di kelas FFA 250, aksi kejar-kejaran juga terjadi di kelas bergengsi FFA 450 International yang diikuti duo rider kelas dunia Germain Vincenot dan Sylvain Bidart.

Meski telah menampilkan aksi-aksi terbaiknya di lintasan pada sesi Moto1 dan Moto2, kedua pembalap asal Perancis itu akhirnya harus mengakui keunggulan Tommy.

Baca juga: Tommy Salim rebut pole position SISR 2023 usai taklukkan duo Eropa

Mengantongi modal sebagai tuan rumah, giliran Tommy menjadi Juara Kelas FFA 450 International dengan mengantongi 50 poin.

Vincenot membuntuti di belakangnya dengan 42 poin, dan di posisi ketiga diraih Farudilla dengan 40 poin. Sementara Bidart harus puas di posisi keempat meraih 35 poin.

Perwakilan SuperAdventure, Mario CSP, menyampaikan apresiasi kepada para pembalap yang telah berpartisipasi sejak seri perdana ajang ini bergulir pada Mei di Tasikmalaya.

Demikian halnya dengan dukungan dari para komunitas dan pecinta supermoto dari berbagai daerah yang terus berdatangan untuk menyaksikan ajang tersebut.

Mario berharap, agenda balap Supermoto di Indonesia kian kompetitif dan mampu terus melahirkan rider-rider berprestasi.

"Selamat kepada para juara dari seluruh kelas yang dilombakan di SuperAdventure International Supermoto Race 2023," ujarnya.

"Harapannya tentu kami ingin skena supermoto di Indonesia terus berkembang secara positif dan semakin banyak pembalap kita yang mampu bersaing di level internasional," kata Mario.

Baca juga: Germain waspadai pembalap Indonesia di SISR 2023
Baca juga: Superadventure Supermoto Race bakal diikuti dua pembalap juara dunia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023