Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan untuk masyarakat di Gaza, Palestina berupa peralatan medis senilai Rp2,9 miliar yang bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI.

"Bantuan perlengkapan medis tersebut diberangkatkan melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Selasa, (31/10)," kata Sekretaris Jendral PMI Pusat A M Fachir di Jakarta, Minggu.

Menurut Fachir, sesuai instruksi Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, bantuan tersebut terkait dengan konflik di Gaza yang tengah terjadi saat ini. Untuk tahap pertama ada 10 barang bantuan yang dikirimkan.

Bantuan tersebut berupa oxygen concentrator, tabung oksigen, masker N95, masker respirator, sarung tangan lateks, apron, baby kit, hygiene kit, kantong mayat infeksius dan genset.

Dia berharap proses pengiriman bantuan bisa berjalan dengan lancar, sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan lintas sektor, mengingat kondisi di Gaza saat ini.

Selain berupa bantuan alat medis, PMI juga mengirimkan berupa alat penjernih air dengan kapasitas produksi air minum sebanyak 1.500-2 ribu liter/jam.

Di sisi lain, kata Fachir, bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyumbang untuk warga Gaza, PMI juga membuka rekening bantuan kemanusiaan melalui di nomor rekening 2063006688 (BCA) atas nama Kantor Pusat PMI.

Kemudian rekening BRI di nomor 039001000030303 atas nama Palang Merah Indonesia dan Bank Mandiri di nomor rekening 070000116017 atas nama Palang Merah Indonesia. Selain tiga nomor rekening tersebut bukan merupakan PMI.

Baca juga: Malaysia antar bantuan lewat jalur udara dan laut ke Palestina
Baca juga: Israel izinkan bantuan masuk Gaza, penduduk diminta pindah ke selatan

Pewarta: Aditya Aulia Rohman
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023