“Hasil evaluasi yang lalu itu diantaranya perketat pengamanan kantor, kemudian pemasangan kamera pengawas tetapi terkendala masalah anggaran sehingga belum maksimal,”
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua akan memperketat pengamanan kompleks kantor bupati setempat guna mencegah kebakaran atau tindak kriminal selanjutnya.

"Kebakaran telah terjadi sebanyak tiga kali di kompleks perkantoran Pemkab Jayapura di mana kejadian pertama pada Kamis 17 Agustus yang menyebabkan deretan kantor KPUD, Arsip, Peralatan MNC Grup dan Radio Kenambai Umbai," ujar Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin

Selanjutnya kebakaran pada Jumat 1 September Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura yang terbakar dan Minggu (29/10) 2023 giliran enam OPD pada satu gedung yang hangus terbakar.

Triwarno Purnomo mengatakan pengamanan sudah dilakukan tetapi kecolongan sehingga akan lebih diperketat lagi.

“Hasil evaluasi yang lalu itu diantaranya perketat pengamanan kantor, kemudian pemasangan kamera pengawas tetapi terkendala masalah anggaran sehingga belum maksimal,” katanya.

Menurut penjabat bupati, selain itu pergantian kabel-kabel jaringan listrik yang sudah tidak layak.

“Kami juga melakukan penerangan lampu sisi luar kompleks perkantoran sehingga aktivitas apapun bisa terpantau dengan jelas meski belum maksimal karena menyangkut penganggaran,” ujarnya.

Penjabat bupati menjelaskan akan menertibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih ada di kompleks perkantoran Pemkab Jayapura di luar jam dinas.

“Kami sudah menertibkan pegawai yang berada di lingkungan kantor di luar jam dinas, harus melapor ke anggota Satpol PP yang berjaga sehingga dapat diketahui aktivitas nya, tetapi harus ada peran aktif dari pimpinan OPD,” katanya.

Dia menambahkan selama ini penjagaan di kompleks perkantoran Pemkab Jayapura berjalan dengan dua pos yaitu polisi dari Polres Jayapura dan Satpol PP.

“Kekuatan personel baik polisi maupun Satpol PP akan dipertebal untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali,” ujarnya

Pemkab Jayapura berencana memasang instalasi hidran yang Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga mampu mencegah secara otomatis kebakaran di kompleks perkantoran Pemkab Jayapura.

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023