Yulin, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Baru-baru ini, sekitar seribu tamu dan pedagang dari industri bumbu dan bumbu-bumbuan di seluruh China berkumpul di kota Yulin, Guangxi untuk Pameran Bumbu China-ASEAN 2023, di mana mereka bergabung dengan lebih dari 200 investor dan pembeli dari negara-negara seperti Indonesia, Vietnam, dan India.

Mengadopsi metode terdigitalisasi untuk menciptakan "penanda arah" dan "penunjuk" pengembangan berkualitas tinggi dalam industri bumbu China telah muncul sebagai jalur inovatif dalam upaya Yulin menuju "optimisasi dan keunggulan", menurut Biro Penerangan Pemerintah Kota Yulin. Laporan Operasi Indeks Harga Bumbu Xinhua-Yulin, yang disusun bersama oleh Layanan Informasi Ekonomi China Xinhua dan Pemerintah Kota Yulin, secara resmi diluncurkan selama Pameran Bumbu tahun ini.

Wilayah Guangxi adalah salah satu produsen bumbu utama di China, sementara kota Yulin telah dijuluki "Ibukota Obat-obatan di Selatan" dan "Ibukota Bumbu di Selatan", berfungsi sebagai salah satu penghasil dan distributor utama bumbu di Asia Tenggara. Terdapat lebih dari 200 jenis bumbu yang umum ditemui di dunia, lebih dari 160 di antaranya diperdagangkan di Yulin. Statistik menunjukkan bahwa ada sekitar 800 bisnis yang terlibat dalam produksi dan penjualan bumbu di kota Yulin, lebih dari 100.000 orang bekerja dalam rantai industri ini, dan 80% dari bumbu negara ini diperdagangkan di sini dan didistribusikan dari sini.

Di bursa bumbu utama China, Bursa Bumbu Internasional Yulin, variasi produk bumbu sungguh menakjubkan. Pada tahun 2022, nilai transaksi di Bursa mencapai 26 miliar yuan, dan perkiraan tahun ini mencapai 40 miliar yuan. Setiap hari, bumbu dari seluruh dunia dikumpulkan di sini, lalu diangkut melalui logistik ke berbagai provinsi, wilayah, dan munisipalitas di seluruh China, serta berbagai pasar di Asia Tenggara dan Afrika. Li Hai, Manajer Umum Yulin Fuda Spice Exchange Digital Science and Technology Co., Ltd., berkomentar: "Lebih dari 50% bumbu yang ada di Yulin diimpor dari Asia Tenggara, lalu didistribusikan ke pasar-pasar sekunder di seluruh negeri melalui Bursa Yulin."

Mulai berlakunya RCEP telah memudahkan produk makanan dari sumber yang sama untuk melalui bea cukai, sementara pajak pada berbagai produk bumbu telah diturunkan, lebih lanjut mempromosikan impor dan ekspor bumbu.

Setelah dimulainya Fase I dan Fase III proyek ini, Bursa Bumbu Internasional Yulin akan berganti nama menjadi "Pelabuhan Logistik Bumbu Internasional Yulin", dan kota Yulin akan mempercepat langkahnya dalam menciptakan pusat perdagangan dan distribusi bumbu kelas dunia.



Sumber: Biro Penerangan Pemerintah Kota Yulin




    Keterangan: Upacara Peluncuran Indeks Harga Rempah Xinhua-Yulin pada tanggal 19 September



Lampiran:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023