Yulin, China, (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Perahu naga berlomba melintasi sungai di bawah sinar matahari musim panas, sementara penonton di tepian bersorak sambil drum di perahu menggelegar. Itulah sebagian dari kegembiraan dalam "Shui Yun Jing Du" Dragon Boat Invitational yang berlangsung pada sore hari tanggal 20 Juni di Yulin, Wilayah Otonom Zhuang Guangxi. Pada hari yang sama, upacara pembukaan "Dragon of Duanwu, Tides of Yulin" Karnaval Budaya Duanwu Kota Yulin 2023 dan kampanye Kehidupan Menyenangkan di Pertengahan Tahun dan Belanja Bahagia diadakan di dalam Taman Pameran Yulin.

Tahun ini, perayaan tradisional China Festival Duanwu akan dirayakan pada tanggal 22 Juni. Menikmati zongzi (ketan isi) yang lezat, menikmati warisan budaya tak berwujud, dan menyaksikan perlombaan perahu naga telah lama menjadi adat tradisional Duanwu yang dicintai oleh masyarakat lokal di Yulin. Antara tanggal 20 dan 24, kota Yulin menjadi tuan rumah sekitar selusin kegiatan, termasuk "Shui Yun Jing Du" Dragon Boat Invitational, "Yulin Style, China Chic" Bazaar Warisan Budaya Tak Berwujud, dan upacara pembukaan Pasar Malam Pariwisata Budaya Guangxi 2023 (Yulin - Main Market). Berbagai kabupaten, kota, dan distrik di Yulin juga secara serempak mensponsori dan mengorganisir acara budaya, pariwisata, dan komersial yang unik, dengan total lebih dari 25 kegiatan, menurut Departemen Penerangan Pemerintah Kota Yulin.

Pada hari upacara pembukaan, perayaan dimulai dengan pertunjukan yang diberi nama "Jubilation of Dragon and Lion", bersama dengan "Hakka Charms", sebuah opera memetik teh dari Wilayah Otonom Zhuang Guangxi Selatan yang merupakan warisan budaya tak berwujud tingkat nasional. Selain itu, pertunjukan sirkus akrobatik berjudul "Power and Beauty", yang dibawakan oleh Pusat Pelestarian, Pewarisan, dan Pertunjukan Budaya Rakyat Kabupaten Bobai, juga mendapatkan tepuk tangan meriah. Akrobatik Yulin terkenal karena perkembangan inovatifnya, telah memenangkan banyak penghargaan dan telah dipentaskan di lebih dari 30 negara dan wilayah.

Di Taman Pameran Yulin, "Yulin Style, China Chic" Bazaar Warisan Budaya Tak Berwujud ramai dengan kegiatan. Sponsor mengatur lebih dari 30 stan untuk warisan budaya tak berwujud, barang dan makanan yang trendi, menciptakan suasana arcade yang memancarkan daya tarik kuno dan keanggunan China, memungkinkan pengunjung merasakan kesenangan budaya tradisional sambil menikmati waktu yang menyenangkan.

Selama "Shui Yun Jing Du" Dragon Boat Invitational, 12 tim perahu naga berkompetisi dalam perlombaan yang mendebarkan. Dengan lintasan sepanjang 300 meter, empat jalur perlombaan, kapal dengan 22 orang awak, dan lebih dari 300 orang peserta, perlombaan ini menarik banyak warga lokal dan pengunjung untuk berkumpul di tepian sungai dan mengalami secara langsung pesona dan kegembiraan unik Festival Duanwu. Ketukan drum yang berdentum memperkuat sorakan dan teriakan penuh semangat, dan suasana berdenyut dengan energi.

Terletak di tenggara Wilayah Otonom Zhuang Guangxi, Yulin adalah tempat yang indah, dan dalam beberapa tahun terakhir, kota ini secara simultan telah melaksanakan berbagai langkah untuk mempromosikan pengembangan berkualitas tinggi dalam industri budaya dan pariwisatanya. Dengan menjadikan dirinya sebagai "kota kuat budaya dan pariwisata", Yulin telah termasuk dalam daftar kedua kota pilot konsumsi budaya dan pariwisata tingkat nasional dan daftar seratus kota terbaik untuk pariwisata kesehatan di China.



Sumber: Departemen Penerangan Pemerintah Kota Yulin



Lampiran Gambar:




Keterangan: Aksi seru di "Shui Yun Jing Du" Dragon Boat Invitational

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023