Pasadena (ANTARA) - Ratusan seniman muda terkenal dari seluruh dunia dan ribuan pengunjung menghadiri LightBox Expo (LBE) 2023, yang diadakan di Pasadena, kota tetangga Los Angeles (LA), pada Sabtu (28/10).

LBE, yang berlangsung selama tiga hari dari Jumat (27/10) hingga Minggu (29/10) tahun ini, merupakan ajang bagi para seniman dan kreator muda berbakat yang bekerja di industri hiburan untuk berbagi karya mereka dengan masyarakat luas, termasuk film, animasi, permainan, acara TV, dan ilustrasi.

Mereka juga dapat menjual produk mereka secara langsung di acara itu.

David Colman, seorang desainer sekaligus story artist pemenang Emmy Award dengan klien yang meliputi Disney Paramount, Sony, dan Universal, menjual kaos dengan gambar yang didesain sendiri di acara tersebut.

"Hasilnya cukup bagus, saya sudah mendapat untung, ini sepadan dengan waktu yang saya habiskan," katanya, menambahkan bahwa ada lebih banyak seniman dari China, Jepang, dan Korea Selatan yang ikut serta dalam pameran tahun ini.

Lebih dari 100 peserta pameran dalam acara ini dipilih oleh Dewan Penasihat LBE, sebuah kelompok bergilir yang terdiri dari para seniman dan perwakilan studio terbaik di industri ini, dan mereka semua berasal dari perusahaan, sekolah, dan studio terbaik di seluruh dunia.

Liyang Liu (32), seorang desainer asal China yang tinggal di Oakland, California, mengatakan kepada Xinhua bahwa dia merasa sangat senang bisa terpilih oleh LBE dan menampilkan karya-karyanya, yaitu pakaian bergaya Lolita yang sangat populer di toko daringnya.

"Tidak semua produk bergaya China, tetapi beberapa karakteristik China akan menyatu dalam desainnya," katanya, menambahkan bahwa acara tahunan ini menyediakan platform yang unik untuk pertukaran budaya, termasuk ratusan program, pengalaman langsung, presentasi, dan sebagainya.

Para klien dan pembeli lebih cenderung menerima desain dengan sentuhan gaya China, kata Yingzong Xin, seorang desainer karakter di Pixar, yang dinobatkan oleh Forbes sebagai "30 under 30" pada tahun 2022.

Joseph Iovescu, seorang pelukis dan ilustrator Amerika keturunan Meksiko-Salvador yang berbasis di LA, mengatakan bahwa dia berharap akan ada lebih banyak lagi seniman muda yang berpartisipasi dalam acara ini.

"Ini adalah cara yang bagus untuk mengenal seniman-seniman baru yang berasal dari berbagai tempat," katanya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023