Guangzhou (ANTARA) - Para pemimpin media dunia menyatakan harapan mereka untuk kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media Dunia dan kerja sama yang lebih bermanfaat di antara berbagai outlet media di seluruh dunia.

Menyampaikan harapan terbaiknya secara virtual kepada Xinhua untuk KTT Media Dunia kelima, Presiden sekaligus CEO Associated Press Daisy Veerasingham mengatakan bahwa pertemuan semacam ini "bermanfaat bagi semua organisasi berita sehingga kita dapat bekerja sama untuk meningkatkan kekuatan jurnalisme faktual."

Mencatat pentingnya mengatasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif, sebuah teknologi yang membawa risiko maupun peluang dalam lingkungan yang berubah dengan cepat, Veerasingham mengatakan, "sangat penting bagi organisasi-organisasi berita untuk bekerja sama dalam mendorong kerangka kerja yang memastikan kekayaan intelektual terlindungi, dan juga sangat penting bagi organisasi berita untuk mengembangkan standar seputar penggunaan teknologi ini."

Senada dengan pernyataan Veerasingham, Ketua sekaligus CEO Agence France-Presse (AFP) Fabrice Fries mengatakan, "kerja sama media global akan menjadi sangat penting karena kami ingin berinovasi dan berkembang dalam menghadapi begitu banyak tantangan."

Dalam pesan video ucapan selamatnya, ketua AFP itu berharap KTT yang diselenggarakan oleh Xinhua tersebut sukses. "Xinhua dan AFP telah menjadi mitra penting selama bertahun-tahun, dan kami berharap dapat memperkuat hubungan itu di tahun-tahun mendatang."

Ketua JoongAng Holdings Hong Seok-Hyun menekankan peran penting media dalam dunia yang kompleks dan penuh tantangan. KTT tersebut akan menjadi landasan bagi kerja sama dan pembangunan dunia, ujarnya.

Ketua Independent Media Afrika Selatan Iqbal Surve membayangkan pertemuan itu sebagai platform untuk mewujudkan perjanjian kerja sama praktis dan mengatakan bahwa KTT tersebut dilaksanakan pada waktu yang tepat.

Surve menyuarakan harapannya bahwa organisasi-organisasi media akan mengakhiri KTT itu dengan kerja sama yang nyata untuk berbagi sumber daya, teknologi, dan informasi.

"Ekspektasi terhadap KTT itu sangat besar karena diadakan pada saat terjadi perubahan media global," ujar Bernarda Llorente, yang menjabat sebagai presiden Telam, kantor berita resmi Argentina.

Dirinya mengatakan bahwa KTT itu akan menjadi platform fundamental dalam membangun kerja sama dan rasa saling percaya di antara media-media dunia dalam konteks global yang membutuhkan kepastian.

Direktur The Hindu Publishing Group Narasimhan Ram mengatakan bahwa agensi yang diwakilinya yang telah berusia lebih dari 145 tahun itu "berkomitmen terhadap misi KTT Media Dunia untuk saling belajar dan bekerja sama di bidang media dengan berbagai negara dan peradaban."

Ram berterima kasih kepada Xinhua yang menjadi tuan rumah KTT yang mengumpulkan media dari berbagai latar belakang sejarah, budaya, dan peradaban tersebut. Ram juga menyuarakan harapan untuk pertukaran ide yang bermanfaat di KTT itu.

"Kami sangat menantikan untuk saling bertukar pengalaman dengan media-media dari berbagai negara pada KTT yang akan datang itu, terutama yang berkaitan dengan liputan pembangunan berkelanjutan serta isu-isu sosial-ekonomi dan kemanusiaan," ujar CEO TV BRICS Janna Tolstikova.

Tolstikova mengatakan bahwa KTT tersebut menyediakan sebuah platform luar biasa yang mendorong pertukaran pengalaman antarmedia di dunia, terutama di antara anggota-anggota BRICS.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023