Accra (ANTARA) - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media Dunia (World Media Summit/WMS) yang sedang berlangsung, yang telah mengumpulkan puluhan perwakilan media Afrika, akan meningkatkan pemahaman  media global terhadap kerja sama China-Afrika, demikian disampaikan seorang eksekutif media Ghana.

KTT Media Dunia berfungsi sebagai sebuah platform penting bagi media-media Afrika untuk berinteraksi dengan rekan-rekan mereka di seluruh dunia, ujar Roger Agana, Direktur Pelaksana News Ghana, sebuah situs berita terkemuka di Ghana.

"Saya siap untuk berbaur dengan mereka semua," ungkap Agana, yang mendarat pada Jumat (1/12) di Kota Guangzhou, China, tempat KTT Media Dunia kelima digelar.

"Dunia perlu mengetahui Afrika yang sesungguhnya dan China yang sesungguhnya, serta bagaimana mereka bekerja sama untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua belah pihak, kerja sama China-Afrika dalam berbagai aspek telah menjadi contoh yang baik bagi seluruh dunia, jadi sebagai media Afrika, kami memiliki kisah untuk disampaikan," tutur Agana.

China sangat bersahabat dan siap untuk bekerja sama, ujarnya.

Agana mengatakan Afrika sangat diuntungkan oleh Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) yang diusulkan oleh China karena perannya dalam mempromosikan perdagangan dan mengembangkan infrastruktur di benua tersebut.

"Inisiatif BRI merupakan proyek yang sangat terpuji yang akan menolong kami karena membantu membangun jalan, jalur kereta, pelabuhan, dan bandar udara, yang merupakan tulang punggung infrastruktur untuk memfasilitasi perdagangan di benua ini," tuturnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023