Barcelona (ANTARA) - Perusahaan-perusahaan asal China memberikan kontribusi penting yang unik dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) tahun ini, kata pengamat bisnis Luigi Gambardella kepada Xinhua dalam sebuah wawancara pekan ini.

"MWC tahun ini bukan hanya mengangkat seputar perangkat seluler atau digital. Kami di sini untuk melihat masa depan," kata Gambardella, Presiden Asosiasi Digital Internasional ChinaEU yang berbasis di Brussel.

Gambardella menyoroti pentingnya peran perusahaan-perusahaan China di gelaran MWC tahun ini. "Apa yang kami lihat tahun ini adalah perusahaan-perusahaan China telah menjadi sorotan," ujarnya.

Lebih dari 300 perusahaan China berpartisipasi dalam gelaran tersebut. "Kehadiran yang menonjol ini tidak hanya menampilkan kehebatan teknologi perusahaan-perusahaan China, tetapi juga menunjukkan komitmen mereka untuk mendorong batasan-batasan dari apa yang mungkin dilakukan dengan 5G dan AI," ujar Gambardella.

Evolusi perusahaan-perusahaan telekomunikasi China dalam beberapa tahun terakhir sangat luar biasa, yang diiringi dengan kemajuan signifikan dalam infrastruktur, teknologi, dan layanan telekomunikasi, katanya.
 

Orang-orang mengunjungi stan China Telecom selama Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, ​​Spanyol, 26 Februari 2024. (Xinhua/Gao Jing)
 

Dia mengatakan  China Mobile, yang baru-baru ini meluncurkan satelit 6G pertama ke orbit.

Menurutnya, perusahaan tersebut tidak hanya berada di garis depan dalam peluncuran teknologi 5G dan 6G, tetapi juga berkontribusi dalam mempelajari bagaimana 5G dapat meningkatkan konten digital dan layanan hiburan seperti gim, olahraga, dan musik

Perjalanan transformatif China Mobile dan rekan-rekannya telah menunjukkan betapa pentingnya kerja sama internasional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, selain juga menawarkan peluang baru untuk berkolaborasi, imbuhnya.

"Dengan mengadopsi aplikasi 5G mutakhir dan merambah ke arena-arena bisnis baru, kami membuka jalan bagi upaya bersama antara entitas China dan rekan-rekan mereka di Eropa," kata Gambardella menekankan.

Contoh nyata dari kolaborasi semacam ini adalah Mobile Coffee Shop, yang diciptakan melalui kemitraan antara produsen mesin kopi Italia, Rhea Vendors Group, dan perusahaan kendaraan otonomos China, Neolix. Konsep layanan ini, yaitu layanan barista sesuai permintaan yang dioperasikan menggunakan mesin kopi beroda otonomos, telah memperlihatkan potensi kerja sama internasional semacam ini dalam mendefinisikan kembali gaya hidup perkotaan dan norma-norma retail, kata Gambardella. 
 
  Orang-orang mengunjungi stan China Telecom selama Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, ​​Spanyol, 26 Februari 2024. (Xinhua/Gao Jing)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024