Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas Pertamina, meraih dua penghargaan dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik Digital 5.0 2023 atau KIP BUMN Awards 2023.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan apresiasi tersebut diperoleh PGN atas konsistensi program pengelolaan media sosial, media online, dan situs web perusahaan yang dinilai melalui metode penjurian berbasis bank data (pemantauan, crawling, dan indexing).

Dalam ajang yang diselenggarakan BUMN Track tersebut, PGN meraih The Most Interact BUMN By Engangement dan The Most Resilience High Activity.

Menurut Rachmat, dewan juri yang diketuai Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014–2019 Rudiantara, mempertimbangkan salah satu aspek penilaian yaitu sejauh mana keterbukaan informasi dilaksanakan berbagai BUMN dan anak perusahaannya.

Kemudian, juri juga mengukur tingkat keterbukaan informasi secara kuantitatif dan kualitatif dengan bukti digital melalui jumlah audience, engangement, activity dan kualitas konten akun media sosial perusahaan (Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, X, dan Tiktok) dan situs perusahaan (website dan Wikipedia).

Rentang waktu evaluasi tersebut berlangsung sejak Januari sampai September 2023.

"Sebagai perusahaan yang terbuka, penting bagi PGN untuk selalu menyampaikan keterbukaan informasi publik bagi para investor dan pemangku kepentingan yang terkait," ujarnya.

Rachmat menambahkan informasi tersebut bisa berisi kinerja dan strategi perusahaan, profil bisnis, dan edukasi masyarakat atas pemanfaatan gas bumi nasional.

Di tengah era digitalisasi yang dinamis, lanjutnya, media sosial menjadi salah satu garda PGN dalam berkomunikasi dengan publik.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penghargaan yang kami terima dan menjadi motivasi untuk lebih baik lagi ke depannya," sebutnya.

Saat ini, PGN telah memiliki lebih dari 147.000 pengikut di media sosial. Untuk menjangkau populasi tersebut jalur media sosial merupakan salah satu yang paling efektif untuk dimanfaatkan.

Interaksi dapat dilakukan dengan siapapun yang tertarik atau berkepentingan dengan PGN.

"Semakin banyak interaksi yang terjadi, diharapkan dapat memperluas informasi dan pemahaman tentang PGN serta menambah peluang bagi kami untuk selalu berekspansi dan berinovasi," ujarnya.

Dalam menjalankan perannya sebagai Subholding Gas Pertamina, PGN terus memperkuat digitalisasi dalam pengembangan produk dan layanan.

Selain integrasi layanan Pertamina Call Center 135, PGN juga meningkatkan komunikasi dan edukasi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

"Inisiatif ini ditujukan agar produk dan program PGN lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat luas," jelas Rachmat.

Baca juga: PGN Subholding Gas Pertamina catat laba bersih 198,5 juta dolar AS
Baca juga: PGN berpotensi sumbang penurunan gas rumah kaca 23 persen
Baca juga: PGN raih penghargaan pada ajang International Business Awards 2023

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023