"Petugas adalah garda terdepan dalam pengawasan di Lapas Palu. Oleh karena itu, pembinaan ini dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan mereka,"
Palu (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu di Sulawesi Tengah meningkatkan kapasitas petugas pemasyarakatan dalam melakukan pengawasan dan pengamanan melalui kegiatan pembinaan fisik, mental dan disiplin (FMD).

"Petugas adalah garda terdepan dalam pengawasan di Lapas Palu. Oleh karena itu, pembinaan ini dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan mereka," kata Kepala Lapas Palu Gunawan usai memantau pelaksanaan pembinaan di Batalyon A Pelopor Brimob Ngatabaru, Kota Palu, Senin.
 
Ia mengemukakan 45 orang petugas lapas mengikuti pembinaan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban dalam kawasan Lapas Palu.
 
Lapas Palu bekerja sama dengan Korps Brimob Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dalam memberikan pembinaan petugas, mulai dari pelatihan menembak, hingga pengantisipasian huru-hara.
 
Pembinaan tersebut turut disaksikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng Ricky Dwi Biantoro, Kepala Bidang (Kabid) Keamanan, Kesehatan, Perawatan, Narapidana/Tahanan dan Pengelolaan Basan dan Barang M. Nur Amin, dan Kabid. Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi Irpan.
 
Kadivpas Kemenkumham Sulteng Ricky Dwi Biantoro menjelaskan pembinaan tersebut merupakan strategi untuk meningkatkan kualitas petugas dalam menyukseskan dan melaksanakan tiga kunci pemasyarakatan maju dan back to basics.
 
"Ini menjadi strategi kami untuk mendeteksi dini, pemberantasan peredaran gelap narkoba dan sinergi dengan aparat hukum serta memastikan fungsi pemasyarakatan berjalan dengan baik," katanya.
 
Dia menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Korps Brimob Polda Sulteng dalam menjalankan penegakan hukum serta menghadirkan wilayah hukum Sulawesi Tengah yang aman dan kondusif.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023