Jakarta (ANTARA) - Relawan ProGib Nusantara (PGN) mengapresiasi program hilirisasi sumber daya alam, transisi energi, dan kemandirian bangsa melalui swasembada yang diusung pasangan bakal calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Keputusan pasangan Prabowo-Gibran memasukkan sektor energi ke dalam misi dan program prioritas menunjukkan bukti kesungguhan dan perhatian mereka terhadap isu energi," kata Ketua Umum Relawan PGN sekaligus pemerhati kebijakan publik di sektor energi dan industri Hafif Assaf dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia menuturkan dalam delapan Misi Asta Cita, Prabowo-Gibran bertekad memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa. Salah satunya melalui pencapaian swasembada di sektor energi.

Misi tersebut dituangkan dalam salah satu dari 17 program prioritas, yaitu mencapai swasembada pangan, energi, dan air, katanya.

Baca juga: Relawan Prabowo 08 gelar donor darah bagi masyarakat
Baca juga: Relawan ABJ siap menangkan Prabowo-Gibran di basis pemilih Jokowi


"Kami berharap ketika sudah terpilih nanti, pemerintahan Prabowo-Gibran dapat segera gerak cepat mendorong kemandirian energi ini dengan salah satunya menuntaskan payung utama kebijakan transisi energi, yaitu RUU EBT serta secara paralel tetap memberikan dukungan penguatan terhadap sektor migas dengan menuntaskan revisi UU Migas sehingga cita-cita target 'lifting' minyak mentah sebanyak 1 juta barel sebagai bagian strategi swasembada energi dapat tercapai pada 2030 nanti," jelasnya.

Tidak hanya itu, menurut Hafif, pasangan Prabowo-Gibran berkomitmen melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi guna meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Hal ini sesuai dengan salah satu dari delapan misi Prabowo-Gibran.

Hilirisasi dan industrialisasi yang tidak hanya mencakup sumber daya alam semata tetapi juga sektor maritim. Hal itu diharapkan dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas, pemerataan pembangunan, dan mewujudkan keadilan ekonomi bagi seluruh warga negara Republik Indonesia.

Relawan PGN mengapresiasi langkah Prabowo-Gibran yang berjanji melanjutkan program utama pemerintahan saat ini.

"Adalah suatu hal yang patut diapresiasi bahwa hilirisasi, terutama di sektor pertambangan telah memberikan dampak positif kepada lonjakan pendapatan negara dan membuka banyak lapangan kerja," pungkas dia.

Dengan berbagai program dan komitmen yang diusung, Relawan PGN yakin pasangan Prabowo-Gibran dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dan maju, terutama dalam sektor energi dan industrialisasi sehingga akselerasi dan keberlanjutan Indonesia Maju dapat segera mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023