Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Inteluck, penyedia solusi rantai pasok yang didukung teknologi dan berbasis di Asia Tenggara, mengumumkan babak pendanaan Seri C dengan investasi senilai US$ 34 juta. Babak pendanaan ini dipimpin perusahaan private equity asal Filipina Navegar, dan diikuti investor Inteluck sebelumnya, East Ventures, perusahaan VC terkemuka di Asia Tenggara. Favour Capital menjadi penasihat finansial eksklusif dalam babak pendanaan ini.


Didirikan pada 2014 oleh Kevin Zhang, sosok yang tercantum dalam daftar "Forbes 30 under 30", Inteluck telah membangun platform B2B digital yang menyediakan layanan rantai pasok dengan dukungan teknologi bagi kalangan perusahaan. Layanan ini meliputi transportasi truk, manajemen pergudangan, international freight forwarding, distribusi, dan solusi rantai pasok yang dirancang khusus menurut kebutuhan klien.

Berkantor pusat di Singapura, Inteluck memiliki jangkauan yang luas di Filipina, Thailand, dan Vietnam. Dengan suntikan modal terbaru ini, Inteluck akan memperluas jangkauan regional, memperkuat bisnis, serta meningkatkan kapabilitasnya.

Zhang berpengalaman luas dalam rantai pasok logistik, teknologi IoT, dan industri lintaswilayah B2B di Asia Tenggara. Melengkapi kepemimpinan Zhang, anggota tim inti Inteluck berasal dari perusahaan-perusahaan papan atas sehingga menghadirkan keahlian penting bagi perusahaan yang berkembang pesat tersebut.

Bagi kalangan perusahaan, layanan unggulan Inteluck hadir sebagai solusi rantai pasok yang komprehensif dan terpadu, menyediakan akses armada operasional yang mencapai 14.000+ truk pengiriman barang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan (on-demand booking). Lewat platform Inteluck, berbagai perusahaan mudah memperluas jangkauan geografis dari rantai pasoknya, mengawasi pengiriman barang secara real-time, serta mengembangkan skala operasional secara fleksibel ketika tingkat permintaan tengah melonjak.

Maka, Inteluck menjadi tulang punggung bagi industri truk yang belum berkembang dengan baik di Asia Tenggara—perusahaan truk berskala kecil dan menengah. Dengan mengintegrasikan perusahaan truk ini pada platformnya, Inteluck tidak hanya meningkatkan permintaan layanan pengiriman barang first-to-mid-mile, namun juga mendorong utilisasi armada truk dan memfasilitasi pembayaran yang lebih cepat.

Inteluck telah menyediakan layanan rantai pasok bagi lebih dari 300 perusahaan ternama di pasar internasional dan lokal yang bergerak di berbagai industri, termasuk telekomunikasi, fast-moving consumer goods, manufaktur, e-commerce, dan pengiriman ekspres.

"Sektor logistik di Asia Tenggara, nilainya diperkirakan mencapai $300 miliar, tengah mengalami transisi penting, dan pasar-pasar baru juga berkembang pesat. Kini, layanan logistik tidak sekadar menyangkut pengiriman barang; pelaku industri semakin mengutamakan biaya, kualitas layanan, dan reputasi vendor. Inteluck memimpin transisi ini, memanfaatkan data dan teknologi guna memodernisasikan logistik B2B baik dari sisi permintaan dan penawaran," jelas Zhang.

"Dengan menawarkan akses layanan truk bagi kalangan perusahaan (permintaan) pada satu platform tunggal, didukung daya saing seperti dispatching yang lebih cepat, durasi pengiriman yang lebih baik, serta tingkat harga kompetitif, kami membantu perusahaan tersebut untuk menyederhanakan kegiatan operasional, serta mencapai efisiensi biaya secara signifikan. Di saat bersamaan, jaringan perusahaan truk (penawaran) memperoleh utilisasi dan profitabilitas yang lebih baik sehingga kami menciptakan ekosistem yang saling menguntungkan bagi seluruh pemangku kepentingan," ujarnya.

Nori Poblador, Managing Partner, Navegar, berkata, "Saat industri mengalami pertumbuhan berkat perdagangan yang lebih optimal, pemutakhiran infrastruktur, dan perkembangan sektor konvensional, Inteluck berada di posisi yang baik untuk menjawab tantangan logistik B2B di Filipina dan negara-negara tetangga. Kami mendukung Kevin dan tim Inteluck menuju babak pertumbuhan berikutnya."

"Pendekatan inovatif Inteluck sangat selaras dengan visi kami, yakni mengembangkan inovasi yang menghasilkan produktivitas dan efisiensi lewat solusi teknologi. Inteluck memanfaatkan teknologi mutakhir dan platform berorientasi data untuk membuat terobosan dalam ekosistem rantai pasok, serta menghasilkan dampak positif bagi vendor dan klien di Asia Tenggara. Didukung kapabilitas tim dan pertumbuhan konsisten Inteluck, kami gembira untuk terus mendukung Inteluck dengan meningkatkan nilai investasi," kata Roderick Purwana, Managing Partner, East Ventures.             

Tentang Navegar

Navegar adalah perusahaan private equity yang menanamkan modal dan menyalurkan keahlian bagi berbagai perusahaan yang berkembang pesat di Filipina. Navegar membantu perusahaan ini mengembangkan skala bisnis, serta meraih kesuksesan di tengah kondisi pasar yang kompleks dan selalu berubah. Berdiri pada 2013, Navegar memiliki aset kelolaan dengan nilai lebih dari US$ 300 juta, serta telah memegang saham signifikan pada sejumlah perusahaan, seperti TaskUs (NASDAQ: TASK), Intellicare, The Bistro Group, Royale Cold Storage, Great Deals E-commerce Corp., dan Dali Discount AG. Navegar didukung investor global, termasuk perusahaan jasa keuangan berskala besar dan lembaga keuangan pembangunan. Informasi lebih lanjut tentang Navegara tersedia di www.navegar.com.ph.

Tentang East Ventures

East Ventures adalah perusahaan venture capital terkemuka yang menjadi pionir dan menanamkan investasi di berbagai sektor. Berdiri pada 2009, East Ventures telah bertransformasi menjadi platform holistis yang menyediakan investasi dalam berbagai tahap, mulai dari tahap Awal (Seed) hingga Pertumbuhan (Growth), pada lebih dari 300 perusahaan teknologi di Asia Tenggara. East Ventures memperoleh predikat perusahaan VC dengan kinerja terbaik dan paling konsisten versi Preqin. East Ventures juga dijuluki investor paling aktif di Asia Tenggara dan Indonesia oleh berbagai media. Lebih lagi, East Ventures merupakan perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Principles of Responsible Investment (PRI) yang didukung PBB.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023