Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk memacu pembangunan literasi masyarakat.
 
"Perpustakaan sekolah memiliki peranan penting dan strategis yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalimantan Tengah Sri Widanarni di sela pembukaan kegiatan rapat kerja teknis (Rakernis) bidang perpustakaan sekolah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada 2023, di Palangka Raya, Selasa.
 
Dia menyampaikan pelaksanaan Rakernis ini merupakan langkah strategis dalam upaya menyamakan serta menyinergikan penyelenggaraan perpustakaan sekolah maupun madrasah di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Pemkab Kapuas tingkatkan pelayanan perpustakaan keliling di sekolah
 
"Saya berharap semua pihak dapat bersinergi mencari terobosan dan inovasi baru sesuai dengan karakter masyarakat kita, bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan para pegiat, komunitas, kelompok dan organisasi masyarakat," pintanya.
 
Sri menjabarkan sejumlah hal yang memerlukan perhatian, yakni peningkatan kerja sama maupun sinergi dalam Program Kegiatan Perpustakaan Sekolah/Madrasah untuk mendukung Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur “Kalteng Makin BERKAH’.
 
Selanjutnya, mendorong kelembagaan perpustakaan sekolah sesuai Standar Nasional Perpustakaan, menyusun program bersama yang memiliki daya ungkit terhadap peningkatan perpustakaan sekolah dan madrasah, hingga peningkatan layanan kepada peserta didik dan tenaga pendidik dengan pendekatan kepada layanan perpustakaan sekolah berkualitas.
 
"Meningkatkan kualitas sumber daya manusia pengelola perpustakaan sekolah, sehingga mampu berinovasi sesuai dengan tuntutan dan mampu melayani dengan maksimal. Juga tingkatkan kegiatan melalui sosialisasi kepada siswa untuk mendorong peningkatan minat dan budaya baca masyarakat," ujarnya.
 
Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalimantan Tengah Arthur Mungkun menjelaskan Rakernis ini bertujuan memetakan dan merumuskan sasaran dengan penilaian skala prioritas dengan hasil sebuah rekomendasi antar-lembaga.

Baca juga: Kalteng giatkan perpustakaan keliling tingkatkan minat baca masyarakat

Baca juga: Perpustakaan di Kalteng gunakan pendekatan inklusi sosial
 
Hal itu menjadi bahan masukan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dalam mendukung penyelenggaraan perpustakaan sekolah di wilayah setempat.
 
"Rakernis ini sekaligus untuk memantapkan program kegiatan di Bidang Perpustakaan Sekolah bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023