Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menargetkan kafilah dari daerahnya meraih posisi lima besar pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Nasional ke-27 tahun 2023 di Provinsi Jambi.

"Kami menargetkan kafilah Kepri dapat meraih posisi lima besar pada STQH Nasional tahun ini. Kami optimistis dapat meraih target tersebut," kata Ketua Kafilah Kepri, Tengku Afrizal Dachlan dihubungi dari Tanjungpinang, Selasa.

Afrizal Dachlan yang juga Wakil Ketua III DPRD Kepri itu menyebut bahwa Kepri memiliki potensi besar untuk meraih prestasi di STQH Nasional.

Hal itu dibuktikan dengan capaian prestasi Kepri, yaitu meraih posisi ketujuh pada perhelatan MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan, dan peringkat ketujuh pada STQH Nasional tahun 2021 di Maluku Utara.

Baca juga: Pemprov Maluku kirim 40 hafidz Al Quran ikut STQH Nasional di Jambi

Baca juga: Kabupaten Bekasi juara dua STQH Jawa Barat 2023


"Kepri memiliki potensi besar untuk meraih prestasi di STQH Nasional. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kafilah daerah ini," ujar Dachlan.

Sementara, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad turut memberikan motivasi kepada para peserta kafilah untuk tetap semangat, optimis, dan menjaga kesehatan selama mengikuti STQH nasional di Jambi.

Ia juga berharap agar kafilah Kepri dapat meraih prestasi terbaik di STQH ke-27 ini.

"Saya yakin para peserta kafilah Kepri sudah mempersiapkan diri dengan baik. Semoga dapat tampil maksimal dan meraih prestasi terbaik," ujar Gubernur Ansar saat menghadiri pembukaan Seleksi STQH Nasional Tahun 2023 di Arena Utama H. Abdurrahman Sayoeti, Kota Jambi, Senin (30/10) malam.

STQH Nasional diselenggarakan di Provinsi Jambi mulai 29 Oktober hingga 7 November 2023. STQHN tahun ini mengusung tema “Dengan STQH Nasional, Kita Siapkan Generasi Berkarakter Qur’ani dalam Mewujudkan Indonesia Hebat”.

STQH Nasional dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin, kemudian mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan-12 Jusuf Kalla, dan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Adapun kafilah Kepri yang ikut serta dalam STQHN ke-27 berjumlah 20 orang yang terdiri dari sepuluh putera dan sepuluh puteri terbaik.

Adapun cabang musabaqah yang diikuti kafilah Provinsi Kepri adalah Tilawah Anak-Anak, Tilawah Dewasa, satu Juz dan Tilawah, lima Juz dan Tilawah, sepuluh Juz, 20 Juz, 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Hafalan 100 Hadits dengan Sanad, dan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad.*

Baca juga: Wali Kota Depok; Jadikan STQH untuk wujudkan generasi milenial Qurani

Baca juga: Kepri raih peringkat tujuh STQH Nasional 2021 di Maluku Utara

Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023