Ada banyak pemilih yang datang", dan "sangat mungkin jam pemungutan suara akan diperpanjang" guna memberi kesempatan kepada semua pemilih untuk memberi suara mereka,"
Teheran (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Iran Mostafa Mohammad-Najjar mengatakan di Teheran, Jumat, waktu pemungutan suara dalam pemilihan presiden saat ini mungkin diperpanjang.

"Ada banyak pemilih yang datang", dan "sangat mungkin jam pemungutan suara akan diperpanjang" guna memberi kesempatan kepada semua pemilih untuk memberi suara mereka," kata Mohammad-Najjar.

Menurut hukum pemilihan umum Iran, waktu pemungutan suara reguler bagi pemilihan presiden ialah 10 jam dalam satu hari, tapi itu dapat diperpanjang di beberapa kota besar utama oleh menteri dalam negeri jika ia memandang tindakan tersebut perlu.

Mohammad-Najjar menambahkan penghitungan suara direncanakan dimulai setelah pemungutan suara ditutup, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.

Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei memberi suaranya pada Jumat pagi dan membuka pemungutan suara pada pukul 08.00 waktu setempat (10.30 WIB).

Hampir 50,5 juta orang yang memenuhi syarat sebagai pemilih diperkirakan memberi suara mereka pada Jumat untuk memilih satu dari enam calon yang dinyatakan lolos oleh Dewan Pengawal Undang-Undang Iran, guna menggantikan Presiden petahana Mahmoud Ahmadinejad.

(C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013