Jakarta (ANTARA) - Aktor Morgan Oey membagikan pengalamannya selama proses syuting untuk proyek film terbarunya “Srimulat: Hidup Memang Komedi", dalam film itu dia memerankan karakter Paul.

Saat ditemui di acara peluncuran teaser dan poster film “Srimulat: Hidup Memang Komedi” di Jakarta, Selasa, Morgan Oey mengakui menjadi Paul memiliki tantangan tersendiri. Dia pun menyadari beban peran yang dimainkannya karena Srimulat menjadi salah satu legenda komedi di Indonesia.

“Takut, sih, iya, takut, sih, pasti (untuk memerankan Paul Srimulat),” kata Morgan Oey.

Baca juga: Perjalanan Srimulat dikisahkan di film "Srimulat: Hil yang Mustahal"

Bahkan, Morgan Oey sempat merasa kesulitan saat mencari tahu sumber audio maupun visual dari Paul sebagai referensi untuknya berakting. Sulitnya mencari referensi tersebut membuat Morgan harus mencari tahu lebih banyak tentang Paul dari orang sekitar.

Beruntung, Morgan Oey juga dibantu oleh sutradara Fajar Nugros dan pelatih akting untuk film itu, yakni Rukman Rosadi. Selain itu, dia bersama pemain lainnya diberi kesempatan bertemu langsung dengan anggota Srimulat asli untuk bertukar wawasan dan menanyakan berbagai hal seputar grup lawak tersebut.

“Ada kesempatan satu hari ketemu sama Mbak Nunung, Pakde Tarzan, Pakde Tessy. Gua benar-benar nanya sampai gua rekam,” kata pria berusia 33 tahun itu.

Di tengah sumber referensi yang serba minimum itu, Morgan harus menggali informasi sebanyak mungkin untuk menciptakan karakter Paul.

Baca juga: Morgan Oey mengaku kesulitan perankan tokoh antagonis

“Srimulat: Hidup Memang Komedi" juga menjadi film biopik pertama bagi Morgan Oey.

“Ini (Srimulat: Hidup Memang Komedi) film biopik pertama gua. Jadi, kalau dibilang (merasa) takut salah atau benar atau kurang sesuai,” kata Morgan.

Tidak hanya bantuan dari sutradara, pelatih akting, dan anggota asli Srimulat, Morgan juga merasa terbantu dengan pemain lainnya yang saling mendukung untuk keberlangsungan proses syuting di dalamnya.

Dia pun bersyukur meskipun pemain inti untuk film “Srimulat: Hidup Memang Komedi” berjumlah 12 orang, kekompakan mereka berhasil membuat tantangan-tantangan yang dihadapinya menjadi berkurang. Dia juga mencoba melakukan yang terbaik untuk karakter biopik komedi yang sebelumnya tidak pernah ia lakukan.

“Berkat kekompakan kami, solid, sebagai satu tim, terbayarkan, sih,” kata Morgan.

Baca juga: Pameran Nostalgia Srimulat obati rindu warga Surabaya pada grup lawak

Baca juga: Kesulitan yang dialami sutradara hingga pemain "Srimulat" saat syuting

Baca juga: Morgan Oey aktif suarakan perlindungan hewan dengan gabung WWF

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023