Jakarta (ANTARA) - Didid Noordiatmoko melaporkan bahwa dia tidak lagi menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) per 1 November 2023 dan akan melanjutkan kariernya sebagai dosen.

"Barusan saya sudah dilantik menjadi dosen, jabatannya lektor, artinya saya saat ini sudah bukan Kepala Bappebti," ucap Didid saat temu media di Gedung Bappebti, Jakarta, Rabu.

Ia mengungkapkan keputusan menjadi dosen merupakan pilihannya dan juga telah disetujui oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Adapun, dosen merupakan jabatan fungsional. Sedangkan, jabatan Kepala Bappebti merupakan jabatan struktural.

Oleh karena itu, kata dia, berdasarkan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak diperbolehkan merangkap jabatan struktural dan fungsional.

"Sesuai dengan Undang-Undang ASN, seorang pegawai itu harus milih jabatan fungsional apa struktural, dosen adalah jabatan fungsional, Kepala Bappebti adalah jabatan struktural. Jadi, tidak boleh merangkap struktural dan fungsional. Jadi, saya di hari ini lebih memilih kepada fungsional dan tadi sudah dilantik makanya saya harus berhenti jadi Kepala Bappebti," ujar Didid.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pada bulan ini usianya juga akan memasuki 60 tahun dan sudah masuk batas usia untuk jabatan struktural.

"Begini kalau saya sudah masanya, kalau teman-teman tahu Rabu depan saya ulang tahun ke-60, itu kan sudah batasnya sudah tidak bisa lagi. Pejabat struktural itu maksimal 60 (tahun) kalau fungsional masih bisa 65 (tahun). Saya jadi dosen fungsional jadi 65 (tahun), jadi pilihannya kalau saya tidak jadi dosen, saya akan pensiun di 1 Desember (2023) nanti. Jadi, tidak mengundurkan diri tetapi saya memilih untuk jadi dosen," ujarnya.

Ia juga mengatakan posisinya tersebut sementara akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt) sampai Kepala Bappebti definitif ditunjuk.

"Karena Kepala Bappebti definitif itu belum ditunjuk ,nanti akan ada proses seleksi terbuka dan sebagainya. Saat ini, saya belum lihat SK (surat keputusan)-nya tetapi kemungkinan sudah ditunjuk Plt-nya. Saya belum lihat fisik suratnya, jadi saya belum bisa menyebut namanya tetapi beberapa waktu yang lalu di rapat pimpinan Kemendag sudah disebutkan tetapi karena belum ada suratnya tentu saya belum bisa menyebutkan," ujar Didid.

Diketahui pada April 2022, Mendag saat itu Muhammad Lutfi menunjuk Inspektur Jenderal Kemendag Didid Noordiatmoko sebagai Plt Kepala Bappebti.

Baca juga: Ombudsman aktif periksa kewenangan pengawasan Bappebti
Baca juga: Kepala Bappebti sebut bursa CPO bukan untuk saingi Malaysia
Baca juga: Bappebti terapkan sistem peringkat untuk pialang berjangka komoditi

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023