Jakarta (ANTARA) - Astra kembali memberikan apresiasi kepada generasi muda inspiratif melalui 14th Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2023, di Menara Astra, Jakarta, Rabu.

Kali ini, para penerima apresiasi tersebut ialah lima pemuda yang memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan masyarakat melalui lima bidang, yaitu kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan teknologi serta satu kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

“Begitu banyaknya anak muda Indonesia, yang tersebar dari ujung barat Sumatra hingga ujung timur Papua, dengan segala keterbatasannya, yang memiliki semangat dan inovasi yang luar biasa untuk membuat perubahan positif bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam sambutannya.

Di bidang kesehatan penghargaan diberikan kepada seorang bidan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu Theresia Dwiaudina Sari Putri, di bidang Pendidikan ada pemudi asal Papua Diana Cristiana Dacosta Ati. Kemudian di bidang Kewirausahaan ada Alan Efendhi dan bidang Teknologi Reza Permadi. Sementara untuk kategori Kelompok, penghargaan diberikan kepada Rengkuh Banyu Mahandaru.

Baca juga: Astra gelar SATU Indonesia Awards 2023, jaring pemuda berdampak

Kelima pemuda-pemudi itu mendapat penghargaan atas pencapaian dan kontribusinya terhadap mengembangkan daerahnya masing-masing, termasuk manfaatnya pada masyarakat lokal.

Tahun ini, jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards meningkat sebesar 11,4 persen dari tahun sebelumnya, atau mencapai 14.997 pendaftar. Para penerima apresiasi 14th SATU Indonesia Awards akan mendapatkan dana bantuan kegiatan sebesar Rp65 juta dan juga pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra, seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

“Inovasi dan semangat mereka mengabdi untuk masyarakat adalah sebuah ketulusan untuk bangsa ini dan inspirasi yang patut dicontoh dan diapresiasi oleh kita semua,” kata Djony.

Adapun Acara Awarding 14th SATU Indonesia Awards 2023 dimeriahkan oleh pemenang keempat America’s Got Talent 2023 Putri Ariani dan Content Creator sekaligus Composer Alffy Rev.

Selain acara tersebut, ada juga AstraTalks yang menghadirkan para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards serta sejumlah narasumber lainnya yaitu Raline Shah, Amanda Khairunnisa, Hamish Daud, Erin Dwia, Yessiow, Arkiv Vilmansa, Hari Prast, Yahya Rijalul Jihad dan ditutup dengan penampilan spesial dari JKT 48.

Pameran seni rupa “Indonesian Dream” pada 14th Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2023, di Menara Astra, Jakarta, Rabu (1/11/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)
Astra turut menghadirkan “Indonesian Dream” yang merupakan pameran seni rupa yang menggambarkan masa depan Indonesia dengan lebih optimis dan menumbuhkan harapan akan masa depan Indonesia yang lebih baik. Selain itu ada pula Komunitas Binaan Astra Showcase yang menampilkan karya dari beberapa komunitas binaan Astra seperti Difabisa, IR Songket dan Kote Singkawang.

Para peserta juga dapat berkunjung ke Cenderamata Astra Showcase yang menampilkan koleksi produk Cenderamata Astra terbaru hasil kolaborasi dengan Telusur Kultur dan Newhun.

Baca juga: Astra International meraup laba bersih Rp25,69 triliun di kuartal III

Baca juga: Bukan kendaraan utama, konsumen gunakan mobil listrik sebagai sekunder

Baca juga: BMW Astra hadirkan serial web dokumenter perdana "Mencari Indonesia"


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023