Dubai (ANTARA) - Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei meminta negara-negara Muslim menghentikan ekspor minyak dan produk pangan ke Israel, dalam rangka menuntut diakhirinya pemboman terhadap Jalur Gaza, menurut media resmi Iran.

"Pemboman di Gaza harus segera dihentikan, jalur ekspor minyak dan pangan ke rezim Zionis harus dihentikan," kata Khamenei dalam pidatonya, seperti dikutip media resmi Iran.

Israel bertekad memusnahkan Hamas yang didukung Teheran, yang juga menguasai Gaza, sebagai pembalasan atas serangan 7 Oktober yang menewaskan 1.400 orang dan menyebabkan ratusan orang disandera.

Baca juga: Bulan Sabit Merah Palestina sebut 59 truk bantuan masuk ke Gaza

Israel melancarkan bombardemen dahsyat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Gaza, di samping memberlakukan blokade total daerah kantong Palestina tersebut.

Pihak berwenang Palestina mengatakan sudah lebih dari 8.000 orang terbunuh.

Para ulama Iran memperingatkan Israel mengenai eskalasi perang jika Israel gagal mengakhiri agresi terhadap warga Palestina.

Selain itu, pihak berwenang mengindikasikan bahwa kekuatan proksi yang didukung Teheran di Timur Tengah siap mengambil tindakan.

Baca juga: Doctors Without Borders kecam serangan Israel di kamp Jabalia

Sumber: Reuters

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023