Andhika berada di urutan ketiga pada race ketiga Minggu, setelah Daniel Woodroof dari Malaysia dan Arjun Maini dari India."
Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia, Andhika Sasabone, naik podium ketiga pada perlombaan Formula Piala Asia yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Minggu, setelah melaju dalam 10 putaran bersama 20 peserta dari berbagai negara.

Perlombaan Formula Piala Asia (BMW) itu merupakan putaran pertama dari empat putaran yang berlangsung musim ini, diikuti peserta dari beberapa negara, termasuk dari Jepang, Malaysia, Indonesia, dan Rusia.

"Andhika berada di urutan ketiga pada race ketiga Minggu, setelah Daniel Woodroof dari Malaysia dan Arjun Maini dari India," kata Art Sasabone, manajer tim yang juga ayahanda Andhika, dalam keterangannya kepada media.

Pebalap berusia 16 tahun yang sudah berpengalaman mengikuti perlombaan karting Eropa dan kali ini untuk pertama kali mengikuti kejuaraan formula, menorehkan total waktu 23 menit 20,672 detik, sedangkan Woodroof (23:15,460) dan Arjun Maini (23:19,533).

Ia yang melaju dari posisi grid keempat, berhasil menyodok ke urutan ketiga pada putaran terakhir. "Kalau masih ada beberapa putaran lagi, kemungkinan saya naik ke urutan terdepan," kata Andhika, yang sekolah di Singapura.

Dalam perlombaan itu, pebalap Indonesia lainnya, Andersen Martono, terkena penalti sehingga berada di urutan ke-10 dan mendapat satu poin serta dua poin lain sebagai pebalap posisi pole pertama dari dua race.

Sementara itu, Senna Iriawan menempati urutan ke-11, sedangkan Darma MH harus berhenti karena mengalami insiden pada putaran pacu ketiga, padahal pada sesi kualifikasi ia berada di urutan kedua setelah Andersen.

Perlombaan putaran kedua Formula Piala Asia akan diadakan di tempat yang sama pada 31 Juli hingga 1 Agustus, disusul 2 hingga 3 November dan 7 hingga 8 Desember.
(T.A008/D010)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013