Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan pemasangan ratusan tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di tiga kecamatan, yakni Pesanggrahan, Tebet dan Kebayoran Baru.

Kepala Seksi Prasarana Sarana Utilitas Kota Penerangan Jalan Umum (PSUKPJU) Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan, Keli Widiarto 
mengatakan, pemasangan ini bertujuan untuk mendukung pencahayaan jalan serta trotoar yang baru dibangun.

"Dalam upaya ini, kami mengganti tiang yang lama dengan tiang yang baru, tentunya dengan model yang berbeda," ujar Keli di Jakarta, Rabu.

Pihaknya membuat konsep tiang yang baru dengan tema antik yang mengusung desain gigi balang.

Berbagai model tiang seperti cabang satu, cabang dua, cabang dua gendong dan cabang empat dipergunakan dengan ketinggian berkisar antara empat hingga sembilan meter. "Untuk penerangan lampu, kami menggunakan tipe andong dengan lampu LED berkisar 60 hingga 90 watt," ujarnya.

Dari Agustus hingga Oktober 2023, pihaknya telah memasang total 278 tiang di tiga kecamatan tersebut. Pemasangan terdiri dari 65 tiang di Kecamatan Pesanggrahan, 122 tiang di Kecamatan Tebet dan 91 tiang di Kecamatan Kebayoran Baru.

Pemasangan ratusan tiang lampu baru ini bukan sekadar langkah teknis, tetapi juga merupakan bagian dari inisiatif memperindah serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan bagi warga yang menggunakan jalan dan trotoar di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel).

"Diharapkan dengan langkah ini, Jakarta Selatan makin terang, indah serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga," ujar Keli.
Baca juga: Sudin Bina Marga Jakbar setiap hari tangani puluhan laporan PJU padam
Baca juga: Seorang petugas PJU tersengat listrik di Tanjung Priok

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023