Lanal Kendari siap membantu kapanpun diminta oleh pemerintah untuk menyalurkan air bersih
Kendari (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut atau Lanal Kendari kembali menyalurkan air bersih sebanyak 10 ton kepada warga yang terdampak kekeringan akibat kemarau panjang atau El Nino di RT 12 Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Palaksa Lanal Kendari Mayor Laut (H) Paslan di Kendari Rabu, mengatakan bahwa pendistribusian air bersih di RT 12 Kelurahan Bungkutoko tersebut merupakan salah satu bukti dari Lanal Kendari yang peduli terhadap keluhan masyarakat, terutamanya terkait dengan ketersediaan air bersih di kemarau panjang ini.

"Kegiatan sosial yang kita laksanakan dari melaksanakan pembagian air bersih kurang lebih 10 ton kepada RT 12 di Kelurahan Bungkutoko karena kita ketahui warga kesulitan mendapatkan air bersih," kata Paslan.

Dia menyebutkan bahwa dalam pendistribusian air bersih tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Lurah Bungkutoko untuk langsung menyalurkan air bersih kepada warga-warga yang terdampak kekeringan akibat El Nino.

Baca juga: TNI AU-Polda DIY salurkan 78 tangki air bersih di Gunungkidul
Baca juga: Tim TNI Manunggal Air bantu air bersih untuk warga di Kenyam Nduga

 
Palaksa Lanal Kendari Mayor Laut (H) Paslan (kiri) bersama Lurah Bungkutoko Yusri Nandar. ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra



"Kami kerja sama dengan Lurah Bungkutoko memberikan bantuan kepada warga yang kesulitan air bersih sehingga mengurangi beban warga dalam hal mendapatkan air bersih di rumahnya masing-masing," sebutnya.

Paslan juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyatakan akan terus siap dalam membantu warga yang terdampak kekeringan untuk mendapatkan air bersih dan layak dikonsumsi, sehingga mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit akibat mengkonsumsi air yang tidak layak digunakan.

"Sepanjang kemarau panjang ini melanda di wilayah Kota Kendari dan sekitarnya, Lanal Kendari siap membantu kapanpun diminta oleh pemerintah untuk menyalurkan air bersih terutama wilayah-wilayah yang memang dianggap cukup mengalami kekeringan di musim kemarau panjang ini," sebutnya.

Sementara itu, Lurah Bungkutoko Yusri Nandar menyampaikan ungkapan terimakasih kepada pihak Lanal Kendari, yang telah mendistribusikan air bersih kepada warganya.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kelurahan Bungkutoko, khususnya RT 12 sangat bersyukur kepada pihak Lanal Kendari yang telah membantu kami," ujarnya.

Baca juga: Warga Kertajaya Bekasi nikmati fasilitas air bersih program TNI
Baca juga: Manunggal TNI AD: Mengalirkan air bersih, meretas tengkes di Lebak
Baca juga: TNI AD membangun fasilitas air bersih di 100 titik

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023