Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Warga Kampung Teluk Haur, Desa Kertajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai bisa menikmati fasilitas air bersih yang dibangun TNI melalui program TNI AD Manunggal Air.

Peresmian penggunaan fasilitas air bersih ini dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui sambungan video jarak jauh yang dihadiri Danrem 051/Wijayakarta, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto didampingi Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf. Danang Waluyo.

"TNI harus bisa memberikan solusi kepada masyarakat serta melakukan langkah-langkah yang bisa berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat, sehingga TNI semakin cinta kepada rakyat dan rakyat akan semakin cinta pada TNI," kata Danrem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto di Kabupaten Bekasi, Selasa.

Baca juga: TNI Manunggal Air bangun pompa hidran di Kelopo Sawit Girikerto Sleman

Dia mengatakan program Manunggal Air Bersih TNI AD merupakan wujud nyata implementasi dari tujuh perintah harian KSAD dimana kehadiran TNI AD mampu memberikan dampak positif serta solusi terhadap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih, terutama di daerah-daerah yang kekurangan air.

Ia menjelaskan program TNI AD Manunggal Air Bersih di Kabupaten Bekasi dilaksanakan di tiga titik yang sudah dibangun secara keseluruhan.

"Satu titik baru selesai dan diresmikan di Desa Kertajaya, Kecamatan Pebayuran, dua titik lagi sudah dilakukan oleh Korem beberapa bulan lalu di Kecamatan Cabangbungin dan Kecamatan Cikarang Selatan," katanya.

Selain meresmikan program Manunggal Air Bersih, Danrem juga mengadakan kegiatan bakti sosial bagi masyarakat sekitar sekaligus sebagai upaya dukungan terhadap pencanangan percepatan penurunan stunting.

"Kami juga membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Kemudian, ada bazar UMKM yang digelar oleh ibu-ibu Persit dan masyarakat. Kami juga memberikan nutrisi pada anak dan balita agar angka stunting di Kabupaten Bekasi bisa diturunkan," ucapnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menggencarkan program Manunggal Air Bersih dengan tujuan membantu masyarakat. Hal tersebut merupakan bukti nyata kontribusi TNI kepada rakyat.

Baca juga: Pangkostrad resmikan pencanangan TNI AD Manunggal Air di Kampung Sereh

Baca juga: Kasad: Program TNI AD Manunggal Air untuk perluas akses air bersih


"Kami akan terus lakukan dan kami perintahkan kepada Babinsa supaya terus melakukan koordinasi, turun ke lapangan dengan Bhabinkamtibnas, sehingga mereka akan tahu apa yang menjadi kesulitan di tengah masyarakat," katanya.

Brigjen Nono berharap program Manunggal Air Bersih dapat memberikan manfaat yang besar bagi keberlangsungan hidup masyarakat sekitar. Dalam hal ini memudahkan masyarakat memperoleh air bersih untuk keperluan sehari-hari.

"Kami juga berharap masyarakat terus berperan aktif dalam memelihara kondisi air, sehingga air ini bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tentunya masyarakat juga sangat senang, karena mereka tidak sulit lagi dalam memperoleh air bersih," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023