Jakarta (ANTARA) - Aktris Raline Shah mengungkapkan pentingnya pendidikan bagi pengembangan diri, yang dia sebut diperlukan untuk memperluas pandangan pada kehidupan.

“Yang berdampak dalam hidup adalah apabila kita bisa meningkatkan persepsi kita, dan untuk meningkatkannya kita membutuhkan salah satunya pendidikan. Fungsi utama pendidikan adalah untuk meningkatkan pandangan kita saat melihat sesuatu,” kata Rsaline Shah pada 14th Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2023, di Menara Astra, Jakarta, Rabu (1/11).

Dengan pendidikan, menurut Raline Shah, seseorang bisa melihat suatu kejadian melalui banyak sudut pandang.

Baca juga: Aktris Raline Shah hadir pada Festival Film Cannes 2023

Raline, yang juga memiliki dua yayasan di bidang sosial, menyebut memiliki kemampuan untuk melihat situasi dari banyak sudut pandang dapat membantu seseorang untuk menemukan solusi yang beragam dan juga menambah kreativitas. Kemampuan tersebut diperoleh dari pendidikan.

Dampak pendidikan, menurut Raline yang jebolan National University of Singapore itu, juga sangat luas, dan berpengaruh banyak pada pembentukan karakter seseorang.

“Tanpa pendidikan, atau tanpa pengetahuan yang banyak, seseorang mungkin kurang sensitif dan fleksibel terhadap orang lain dan kehidupan itu sendiri,” ujar Raline.

Wanita pendiri Yayasan Misi Kami Peduli itu mengatakan orang berpendidikan bukan semata-mata mendapat peringkat atau nilai yang bagus, melainkan mendalami tiap proses menuai ilmu pengetahuan itu sendiri.

“Bagaimana kita bisa bergaul dengan teman-teman, berorganisasi, ketangguhan dan regulasi emosi dalam menghadapi masalah, menghadapi dosen, bukan hanya harus ranking satu, atau mengalahkan orang lain untuk jadi yang pertama. Tapi, bagaimana kita berkolaborasi dengan sesama,” Raline menambahkan.

Pada 14th Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2023, acara penghargaan kepada muda-mudi berpengaruh dari penjuru Indonesia, Raline Shah dipilih oleh penyelenggara untuk menjadi pembicara, yang diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda saat ini.

Baca juga: Boyong Raline hingga Lukman Sardi, Uniqlo kenalkan koleksi 2023

Baca juga: Raline Shah sering gelar "garage sale" barang pribadi

Baca juga: Lima pemuda inspiratif terima SATU Indonesia Awards 2023 Astra


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023