Jakarta (ANTARA) - Satu gol yang dilesakkan oleh pemain timnas Indonesia yang memperkuat Ipswich Town, Elkan Baggot, tidak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan 1-3 dari Fulham pada babak 16 besar Piala Liga yang dimainkan di Portman Road, Kamis WIB.

Satu gol Baggot (79’) hanya menjadi penghibur Ipswich setelah tim tamu tampil beringas dengan mencetak tiga gol melalui Harry Wilson (9’), Rodrigo Muniz (50’), dan Tom Cairney (77’).

Baggot yang di tiga laga Piala Liga musim ini selalu bermain sejak awal, pada laga ini hanya menjadi pemain cadangan karena bek Axel Tuanzebe dan Cameron Burgess dipilih pelatih Kieran McKenna untuk menjadi benteng kokoh di lini pertahanan.

Baca juga: Elkan Baggot bawa Ipswich Town melaju ke 16 besar Piala Liga

Jalannya laga, Fulham sebagai tim tamu unggul cepat melalui Harry Wilson pada menit ke-9. Mantan pemain Liverpool itu melewati kiper Christian Walton yang keluar dari kotak penalti sebelum menyeploskan bola dengan mudah ke gawang yang sudah kosong. Fulham unggul 1-0 dan skor itu menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, tim asuhan Marco Silva itu menggandakan keunggulan. Berawal dari umpan silang dari sisi kanan, Rodrigo Muniz yang berdiri bebas tak kesulitan menaklukkan Walton pada menit ke-50. Skor 2-0 untuk Fulham.

Pada menit ke-60, Kieran McKenna sebagai pelatih lalu mengganti beknya Cameron Burgess untuk memasukkan Elkan Baggot.

Setelah masuk, pemilik 17 caps bersama timnas Indonesia itu melakukan kesalahan yang berujung gol ketiga tim tamu. Baggot gagal mengawal dengan baik ketika Raul Jimenez menerima umpan dan hal ini membuat mantan striker Wolves itu mampu memberikan bola kepada Bobby Decordova-Reid yang mendapatkan ruang kosong.

Sayap lincah 30 tahun itu lalu memberikan umpan silang mendatar yang kemudian disambut dengan tendangan terarah Tom Cairney pada menit ke-77. Fulham unggul tiga gol.

Dua menit kemudian, Baggot membayar kesalahannya dimana bek jangkung itu mencatatkan namanya ke papan skor pada menit ke-79 ketika sundulannya hasil umpan sepak pojok Jack Taylor, gagal diamankan oleh kiper Fulham, Marek Rodak. Gol pertama bagi Baggot untuk Ipswich membuat timnya memperkecil kedudukan menjadi 1-3.

Di sisa babak kedua, tidak ada gol yang tercipta. Skor tidak berubah hingga akhir pertandingan dan The Tractor Boys, julukan Ipswich gagal melaju ke babak delapan besar Piala Liga.

Berikut hasil pertandingan Piala Liga, Kamis WIB:
West Ham 3-1 Arsenal
Bournemouth 1-2 Liverpool
Chelsea 2-0 Blackburn Rovers
Everton 3-0 Burnley
Ipswich Town 1-3 Fulham
Manchester United 0-3 Newcastle United.

Baca juga: Elkan dan Rafa beri pesan pemain Indonesia yang ingin bermain di Eropa

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023