Kami berupaya semaksimal mungkin agar bantuan untuk masyarakat di Gaza bisa segera masuk dan terdistribusi
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah organisasi kemanusiaan Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) terus mengupayakan agar bantuan bisa segera masuk ke Gaza, Palestina.

"Kami berupaya semaksimal mungkin agar bantuan untuk masyarakat di Gaza bisa segera masuk dan terdistribusi," ujar Ketua IHA M Ali Yusuf di Gedung Muhammadiyah, Jakarta, Kamis.

Ali mengatakan IHA yang menaungi 16 organisasi filantropi kemanusiaan Indonesia terus berkoordinasi dengan organisasi kemanusiaan dunia dalam penyaluran bantuan seperti Egyptian Red Crescent dan The United Nations Relief and Works Agency (UNRWA).

Baca juga: WHO serukan akses penuh untuk bantuan medis dan bahan bakar ke Gaza

Ia paham penyaluran bantuan kemanusiaan dalam kondisi Palestina yang semakin tidak ideal akan membuat proses distribusi yang tidak biasa. Meskipun begitu,  kata dia, melalui kolaborasi multi-pihak, IHA berkomitmen atas akuntabilitas dalam penyalurannya.

Pada saat yang sama, kata dia, IHA juga turut berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia ke Gaza.

"Jejaring anggota IHA telah memberikan daftar bantuan yang akan diikutkan dalam penerbangan resmi delegasi Pemerintah Indonesia yang akan diberangkatkan pada pekan ini," katanya.

Baca juga: RI kirim bantuan ke Gaza seberat 30 ton, dua perwira TNI ikut serta

IHA mengecam segala pelanggaran Israel terhadap Hukum Humaniter Internasional. Penghentian agresi Israel ke Gaza juga harus segera dilakukan untuk menghentikan semakin banyak jatuhnya korban dari masyarakat sipil, khususnya perempuan, lansia, dan anak-anak.

"Terbatasnya akses kebutuhan dasar menjadi pelanggaran luar biasa yang Pemerintah Israel lakukan terhadap warga di Gaza, Palestina. Ini telah mencederai Hukum Humaniter Internasional," ucapnya.

Sementara itu Ketua Forum Zakat (FOZ) Bambang Suherman mengatakan terdapat mekanisme dan strategi yang dinamis untuk penyaluran bantuan kemanusiaan dalam situasi perang.

Baca juga: Dua pesawat TNI AU dijadwalkan kirim bantuan ke Gaza Sabtu

Meski tergolong berat, kata dia, tidak mengurangi sedikitpun upaya jejaring IHA memastikan bantuan sampai dengan baik kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kami berkomitmen bahwa program kemanusiaan untuk Palestina akan berlangsung hingga 6-12 bulan ke depan melihat situasi, kebutuhan, dan fase pemulihan," katanya. 

Indonesian Humanitarian Alliance atau IHA merupakan organisasi yang menaungi lembaga-lembaga kemanusiaan di Indonesia untuk bersama mengatasi dampak dari krisis global.

Adapun 16 anggota yang tergabung dalam IHA antara lain  Forum Zakat, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, NU Peduli, MDMC Muhammadiyah, DT Peduli, Lembaga Manajemen Infaq, hingga Laznas Dewan Da'wah.

Baca juga: Indonesia siap kirim bantuan kemanusiaan ke Gaza

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023