Menuntut untuk segera dihentikannya agresi Israel ke Gaza dan menghentikan pendudukan wilayah Palestina oleh Israel
Jakarta (ANTARA) -
Forum lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) menyerukan agar Israel segera menghentikan agresi ke wilayah Gaza, Palestina, dan menghentikan pendudukan wilayah yang jadi akar dari konflik berkepanjangan.
 
"Menuntut untuk segera dihentikannya agresi Israel ke Gaza dan menghentikan pendudukan wilayah Palestina oleh Israel," ujar Ketua IHA M Ali Yusuf di Jakarta, Kamis.
 
Ali mengatakan penyerangan terhadap masyarakat sipil serta fasilitas kesehatan, pendidikan, tempat ibadah, dan perumahan, di Gaza Palestina merupakan pelanggaran terhadap Hukum Humaniter Internasional.
 
Ia pun menyerukan kepada otoritas Israel untuk membuka akses masuk seluas-luasnya untuk penyaluran bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina.
 
"Kami juga mengajak Pemerintah Indonesia untuk terlibat aktif dalam upaya diplomasi menghentikan agresi Israel ke Gaza dan membantu memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia sampai ke Gaza," kata Ali.

Baca juga: Dua pesawat TNI AU dijadwalkan kirim bantuan ke Gaza Sabtu
 
Menurutnya, IHA yang terdiri dari 16 lembaga kemanusiaan akan memberikan bantuan sebesar 2 juta dolar AS. Bantuan tersebut berupa logistik, kesehatan, energi, dan proteksi.
 
Selain itu, kata dia, IHA juga telah menyiapkan 33 relawan yang terdiri dari dokter spesialis dan perawat untuk dikirim ke Gaza apabila akses masuk sudah dibuka.
 
"Mengajak seluruh elemen rakyat Indonesia untuk terus memberikan dukungan kemanusiaan melalui berbagai organisasi kemanusiaan yang dapat memfasilitasi bantuan kemanusiaan ke Palestina," katanya.
 
Sebelumnya Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) terus mengupayakan agar bantuan bisa segera masuk ke Gaza, Palestina.
 
IHA terus berkoordinasi dengan organisasi kemanusiaan dunia dalam penyaluran bantuan seperti Egyptian Red Crescent dan The United Nations Relief and Works Agency (UNRWA).

Baca juga: Forum organisasi kemanusiaan RI upayakan bantuan bisa masuk ke Gaza

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023