Kondisinya saat ini baik (pasien cacar monyet), dan sekarang masih jalani isolasi
Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten menyebutkan  dua pasien penderita cacar monyet atau monkeypox  di daerah itu kondisinya membaik setelah dilakukan penanganan khusus.

"Kondisinya saat ini baik (pasien cacar monyet), dan sekarang masih jalani isolasi," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang Selatan Allin Hendalin Mahdaniar di Tangerang, Kamis.

Baca juga: Sudin Kesehatan Jaktim vaksin 97 orang cegah penyebaran cacar monyet

Ia menyebutkan, dari kedua orang pasien laki-laki dengan usia 24 dan 31 tahun itu saat ini masih terus dilakukan pemantauan dan perkembangan kondisinya melalui petugas medis.

Selain itu, ke seluruh pasien yang teridentifikasi cacar monyet ini masih sedang menjalani perawatan isolasi secara intensif dengan masa perawatannya hingga sembuh sempurna.

"Keduanya tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani dengan isolasi, tidak ada keluhan, kontak erat dilakukan pemantauan oleh puskesmas setempat," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya temuan kasus tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol kesehatan.

Baca juga: Dinkes nyatakan belum ditemukan kasus cacar monyet di Lampung

Kemudian, sebagai bentuk kesiapsiagaan kewaspadaan dini dan respon terhadap kasus dugaan cacar monyet pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi, edukasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat tentang cacar monyet , serta memperkuat sistem surveilans yang sudah ada untuk melakukan investigasi maupun pelacakan kontak.

Selain itu, kesiapan rumah sakit di Kota Tangerang Selatan sudah siap untuk merawat pasien cacar monyet dengan diberikan pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit cacar monyet bagi tenaga kesehatan.

"Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam upaya deteksi dini untuk segera melaporkan jika ditemukan kasus seperti cacar monyet di wilayahnya. Laporkan segera kepada puskesmas atau fasilitas pelayanan Kesehatan setempat agar dapat ditindaklanjuti," kata dia.

Baca juga: DKI kemarin, KPU mitigasi konflik medsos hingga vaksin cacar monyet


Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023