Yang pasti, yang pertama mereka sudah dalam pengawasan ketat medis kita di puskesmas yang kita tugaskan terdekat
Tangerang (ANTARA) - Wali kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyebutkan penderita penyakit cacar monyet atau Monkey Pox (Mpox) di kota itu bertambah tiga orang hingga total menjadi lima kasus.

Dari penambahan tiga kasus tersebut, kata dia, dipastikan pasien terinfeksi cacar monyet dalam pengawasan ketat oleh petugas puskesmas terdekat. Sementara dua pasien yang lebih dulu terdata terpapar cacar monyet sudah lebih baik.

"Yang pasti, yang pertama mereka sudah dalam pengawasan ketat medis kita di puskesmas yang kita tugaskan terdekat. Tapi dua yang pertama sudah dalam kondisi membaik," kata Benyamin di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Dinkes: Kondisi dua pasien penderita cacar monyet di Tangsel membaik

Ia menyebutkan ketiga pasien cacar monyet itu diderita seluruhnya dari kelompok laki-laki dengan usia produktif. Selain itu mereka juga terpapar setelah interaksi di wilayah DKI Jakarta.

"Mereka ini memang interaksinya dari orang-orang yang memang kerja di Jakarta, sehingga ada penyebaran di Tangerang Selatan," ujarnya.

Dia menerangkan Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, melalui Program Ngider Sehat terus mensosialisasikan berbagai ancaman penyakit dan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Saya melalui tim kesehatan Ngider Sehat terus melakukan sosialisasi ke warga," tuturnya.

Baca juga: Dinkes paparkan penanganan dua kasus cacar monyet di Tangerang Selatan

Ia pun berharap agar pasien yang saat ini menjalani isolasi, disiplin untuk mematuhi saran dan anjuran medis.

Agar penyebaran penyakit cacar monyet tidak terus meluas, pihaknya mengimbau warga Tangerang Selatan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas layanan kesehatan yang ada jika mendapati gejala awal penyakit cacar monyet.

"Saya berharap selama isolasi mereka mematuhi saran-saran dari tim medis. Minum obatnya, tidak bersentuhan dengan orang lain sampai betul-betul dinyatakan sehat," ujar Wali kota  Benyamin Davnie.

Baca juga: Kasus Mpox di Tangsel diidap dua orang laki-laki
Baca juga: Dua pasien Mpox di Tangerang Selatan telah diisolasi

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023