Kupang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat terdapat 40 unit rumah penduduk di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur rusak akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,6 yang melanda daerah itu Kamis (2/11) pukul 05.04 Wita.

"Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten Kupang terdapat 40 unit rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang melanda daerah ini pada Kamis (2/11) pagi ," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang Semi Tinenti ketika dihubungi di Kupang, Kamis (2/11) malam.

Baca juga: BPBD NTT sebut 18 rumah rusak akibat gempa bumi kekuatan M6,6

Ia menjelaskan, 40 unit rumah penduduk yang mengalami kerusakan itu tersebar di sembilan kecamatan yang terdampak gempa, yaitu Amarasi, Amarasi Selatan, Amarasi Barat, Kecamatan Amarasi Timur.

Selain itu, di wilayah yang juga terdampak gempa di wilayah Amfoang meliputi Kecamatan Amfoang Tengah, Amfoang Barat Laut, Amfoang Barat Daya, serta Kecamafan Fatuleu dan Kecamatan Nekamese.

Baca juga: 10 rumah warga Kabupaten Kupang rusak dampak gempa magnitudo 6,1

Menurut dia, kerusakan rumah penduduk terbanyak terdapat di Desa Retrain Kecamatan Amarasi Selatan yang berada tidak jauh dari pusat gempa sebanyak 22 unit rumah penduduk yang mengalami kerusakan.

Gempa juga merusak delapan unit fasilitas umum di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse Timor Leste itu seperti bangunan gedung Kantor Bank NTT, gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang serta lima bangunan gereja dan satu unit gedung sekolah, yaitu bangunan SD GMIT Oelpuah Kecamatan Kupang Tengah.

Baca juga: 30 rumah rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Kupang

Sementara itu terdapat 19 bangunan kantor milik Pemerintah Kabupaten Kupang mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang juga mengguncang wilayah Kota Kupang, Alor, Sumba Timur dan Sabu Raijua.

Semi Tinenti menjelaskan tidak ada korban jiwa meninggal maupun luka-luka dalam peristiwa bencana alam gempa bumi di Kabupaten Kupang itu.

Baca juga: Dampak gempa di Selayar 504 rumah rusak tujuh korban luka

"Tidak ada korban jiwa maun luka-luka. Bencana gempa ini hanya merusak bangunan," kata Semi Tinenti. Gempa dengan magnitudo 6,6 mengguncang Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis pukul 05.04 Wita.

Baca juga: BNPB: 346 rumah rusak dan 770 warga mengungsi akibat gempa di NTT

Berdasarkan informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer dan lokasi gempa berada pada 24 kilometer Tenggara Kupang-NTT.

Letak gempa terjadi di 10.34 lintang selatan (LS) dan 123.Bujur Timur (BT). Gempa tersebut juga dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023