Depok (ANTARA) -
PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) Kota Depok melakukan Kick Off Waste Management Learning Center.
 
"Ini merupakan salah satu program dalam penanganan sampah organik khususnya di lingkungan kantor yang kami integrasikan dengan budidaya ikan serta pertanian, selain itu juga kedepannya dapat menjadi media pembelajaran persiapan masa pensiun/learning center terkait budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF),," kata General Manager PLN UIT JBB Erwin Ansori di Depok, Jumat.
 
Ia mengatakan pemanfaatan larva BSF dapat mengurangi dampak penumpukan sampah organik, dan juga dapat mengurai limbah organik.
 
Program ini merupakan integrasi antara waste management, integrated farming, dan learning center yang berjalan di UIT JBB
 
Waste management atau pengelolaan sampah dilakukan dengan mengolah sampah organik secara mandiri dengan Maggot BSF (Black Soldier Fly) yang ditargetkan dapat mengolah sampah organik dengan kapasitas 300 kg per hari.
 
Maggot yang dihasilkan selanjutnya akan diintegrasikan sebagai pupuk dan dan pakan untuk budidaya ikan air tawar di lingkungan Kantor PLN UIT JBB.
 
Dengan PLN membudidayakan maggot ini juga berdampak bagus untuk lingkungan sekitar. Larva BSF ini juga tidak menimbulkan bau yang menyengat dan sangat higienis menjadi pakan alternatif.
 
Larva BSF juga bukan vektor suatu penyakit, sehingga sangat aman untuk kesehatan manusia. Utamanya untuk budidaya tidak menimbulkan penularan penyakit.
 
Mengolah sampah dengan Maggot ini cukup efektif karena hanya memerlukan 14 hari sampai dengan waktu panen dan dapat menghasilkan sumber pakan yang mengandung protein tinggi sebanyak 40 persen sampai 50 persen.
 
"Harapannya melalui program ini PLN dapat mewujudkan Zero Waste to Beyond KWH," katanya.

Baca juga: Di Hadapan Presiden Jokowi, Dirut PLN paparkan pengembangan hydropower di Tanah Air
Baca juga: PLN Indonesia Power raih empat penghargaan Subroto EBTKE 2023
Baca juga: Abu batu bara yang memantik ekonomi sirkular

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023