Jakarta (ANTARA News) - Harga bahan kebutuhan pokok di pasar melambung jelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Dari pantauan Antaranews.com di Pasar Senen, Jakarta Pusat, harga bahan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras dan telur mengalami kenaikan sebagai imbas rencana kenaikan BBM .

Sumiati (50) pedagang sembako di pasar tersebut mengatakan beras naik dari Rp820 ribu menjadi Rp830 ribu hingga Rp840 per kwintal.

Sedangkan harga telur naik sebesar Rp2000 dari harga Rp 18 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram (kg). Sementara untuk harga gula dan terigu masih belum ada kenaikan.

"Yang naik baru itu saja. Kalau telur naik kemungkinan besar karena musim hujan karena ayam jarang bertelur," ujar dia saat berbincang dengan Antaranews.com di Jakarta, Senin.

Kenaikan yang terbilang merata terjadi pada sayur mayur. Menurut Pujianto (62), pedagang sayuran di pasar tersebut, kenaikan harga sayuran ini sudah terjadi sejak 2 hari lalu, seperti harga cabai yang naik sebesar Rp7.000 hingga Rp8.000 dari Rp 22 ribu per kg menjadi Rp29 ribu sampai dengan 30 ribu per kg.

Kemudian harga bawang merah dari Rp25 ribu menjadi Rp32 ribu per kg, kentang dari Rp 8.000 menjadi Rp10 ribu per kg, serta bawang putih yang naik sebesar Rp 3.000 per kg.

"Yang buat naik karena biaya transportasinya sudah mulai naik, kemudian juga karena faktor cuaca," kata Pujianto.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013