Pontianak (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang memberikan pelayanan pemberian paspor di daerah perbatasan yaitu di Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

"Program ini dinamakan TerPIKAT (Terealisasi Pelayanan Imigrasi Kepenjuru Tempat) dimana pelayanan ini masyarakat perbatasan tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Singkawang untuk membuat paspor, tapi petugas Imigrasi yang datang kepada masyarakat," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, Azriyal Zam, di Singkawang, Jumat.

Baca juga: Kantor Imigrasi Singkawang deportasi dua warga negara Malaysia

Ia mengatakan, dengan program ini masyarakat perbatasan yang jauh dari Kantor Imigrasi Singkawang akan sangat terbantu dalam hal biaya transportasi dari Jagoi ke Singkawang, yang bisa memakan waktu lima atau enam jam dengan biaya pulang pergi bisa sebesar Rp1.500.000 dan belum lagi biaya penginapan selama di Singkawang.

"Melihat masalah ini kami pun segera melakukan terobosan-terobosan agar masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Singkawang dan kami yang datang. Alhamdulillah, pelaksanaan perdana ini berjalan dengan lancar dan di sambut antusias oleh masyarakat perbatasan," kata dia.

Baca juga: Imigrasi Singkawang bantu pembuatan paspor warga kurang mampu

Ia mengungkapkan, program ini bukan hanya dilakukan di Jagoi Babang, tapi juga akan di laksanakan di tempat-tempat lain yang jauh dari Kantor Imigrasi Singkawang.

Camat Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Saidin, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Imigrasi Singkawang karena masyarakatnya merasa bahagia dan terbantu dengan program ini dan sangat berharap program ini terus berlanjut.

Baca juga: Kantor Imigrasi Singkawang tunda 50 paspor pemohon

Adapun masyarakat Jagoi Babang yang mendapatkan pelayanan TerPIKAT, antaralain, Saidin, Hewal Mondus TS, Natalia Kefflin, Friskianus, Jiwaidi, Susi Susanti, Triadevo, Andi, Lini, Dede Dora, Pandi, Darminto, Suriani Kangang, Nasnani dan Simon.

"Kami merasa sangat senang, karena kami sudah punya paspor dimana paspor ini sangat penting untuk kami di wilayah perbatasan. Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Kantor Imigrasi Singkawang dan Jajaran karena mereka jauh-jauh datang ke tempat kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kami," kata Saidin.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023