Kemenag berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan bagi semua agama, termasuk pada pendidikan keagamaan Kristen
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama RI mengucurkan bantuan penelitian sebesar Rp1,3 miliar bagi 36 dosen di perguruan tinggi keagamaan (PTK) Kristen, sebagai bentuk afirmasi terhadap pendidikan keagamaan.
 
"Kemenag berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan bagi semua agama, termasuk pada pendidikan keagamaan Kristen," ujar Dirjen Bimas Kristen Jeane Maria Tulung dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kemenag bekerja sama dengan RIT untuk wujudkan PTK kelas dunia
 
Jeane mengatakan pemberian bantuan penelitian ini merupakan bagian program prioritas Kementerian Agama RI, yaitu moderasi beragama.
 
Menurutnya, program bantuan penelitian itu terkait juga dengan kepentingan pengembangan keilmuan, mutu dan akreditasi, sumber daya manusia, serta afirmasi pada PTK Kristen.
 
"Setelah dilakukan seleksi ketat, kami memutuskan 36 dosen PTKK baik negeri maupun swasta berhak atas bantuan pemerintah ini," katanya.
 
Ia menjelaskan, ada empat skema kategori bantuan yang diberikan. Pertama, skema bantuan pembinaan/pengembang kapasitas. Untuk kategori diberikan kepada empat orang dosen dan masing-masing menerima beasiswa senilai Rp20 juta.

Baca juga: Menteri Agama buka Perkemahan Wirakarya Nasional PTK
 
Kedua, skema bantuan penelitian dasar atau pengembang keilmuan program studi. Terdapat 10 dosen yang menerima beasiswa kategori ini dengan nominal sebesar Rp30 juta/orang.
 
Ketiga, skema bantuan penelitian pengembang pendidikan tinggi. Bantuan ini diberikan kepada 11 penerima dengan masing-masing mendapat beasiswa senilai Rp40 juta.
 
Keempat, skema bantuan penelitian terapan kajian strategi nasional. Bantuan ini diberikan kepada 11 penerima dengan masing-masing mendapat beasiswa senilai Rp50 juta.

Baca juga: Kemenag siapkan program beasiswa "training" bahasa bagi dosen PTK

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023