program itu dapat menjadi solusi bagi warga Jakarta yang sangat sibuk
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan program PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Goes to Mall untuk memudahkan warga mengurus perizinan/ nonperizinan penanaman modal.

“PTSP Goes to Mall merupakan salah satu upaya kami untuk mendekatkan pelayanan kepada warga Jakarta, khususnya pengunjung mall," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra dalam pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Benni, program itu dapat menjadi solusi bagi warga Jakarta yang sangat sibuk sehingga tidak punya waktu ke Unit Pengelola Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PMPTSP) untuk berkonsultasi.

Dia menjelaskan  program tersebut adalah cerminan dari transformasi birokrasi dan manajemen aparatur sipil negara (ASN), yang kini beralih ke basis digital.

Benni mengatakan mendapatkan pelayanan publik yang baik adalah hak setiap warga negara, sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Sebagaimana arahan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono, bahwa pelayanan publik itu harus berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat, serta birokrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik harus lincah dan cepat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT. Manggala Gelora Perkasa (Senayan City) Johan Gito  menyambut baik inisiatif dari dinas itu. Dia menilai pelayanan perizinan/ nonperizinan di mall memudahkan masyarakat, termasuk para pelaku usaha.

“PTSP Goes to Mall ini dapat diterima dengan sangat baik, baik oleh para pengunjung ataupun para tenant yang berada di Senayan City karena mereka merasa sangat dimudahkan untuk bertemu dengan pihak yang terkait, yang sangat berwenang, tidak melalui orang lain yang tidak mengetahuinya secara 100 persen,” kata Johan.

Dia berharap pemerintah dapat secara rutin mengadakan layanan publik di ruang-ruang umum, seperti mall dan pusat perbelanjaan.

PTSP Goes To Mall adalah sebuah inovasi di bidang pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Seiring perkembangannya, program tersebut tak hanya dilaksanakan di mall saja, namun di ruang publik lain seperti rumah sakit, pasar, taman, saat car free day, dan lain-lain.

Adapun jadwal PTSP Goes to Mall selama November 2023 sebagai berikut:
  1. Senayan City, Jakarta Pusat - Tanggal 3 sampai dengan 5 November 2023;
  2. AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan - Tanggal 10 sampai dengan 12 November 2023;
  3. AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur - Tanggal 17 sampai dengan 19 November 2023;
  4. Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara - Tanggal 24 sampai dengan 26 November 2023.
Baca juga: JIA 2023 dapat memotivasi bisnis dan mengembangkan investasi DKI
Baca juga: Pemprov DKI gandeng Pasar Jaya fasilitasi perizinan usaha pedagang
Baca juga: Pemprov DKI-BKPM percepat integrasi layanan dongkrak investasi

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023