Jakarta (ANTARA) -

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia menjadi ajang pembuktian bagi Timnas Prancis bahwa negara yang berada di Eropa Barat itu adalah gudang talenta muda pesepakbola dunia.

Talenta berbakat Prancis seakan-akan tak habis-habis dari generasi ke generasi. Mulai dari era Justin Fontain di 1950-an, dilanjutkan Eric Cantona, Michael Platini, hingga para pemain generasi emas 1990an yang mempersembahkan Piala Dunia 1998 seperti Zinedine Zidane, Didier Descham, Emanuel Petit, Thierry Henry, dan David Trazeguet.

Tak berhenti di situ, para pemain sepak bola berbakat pun berlanjut lahir di era kekinian seperti Paul Pogba, Antoine Griezman, dan Kylan Mbappe yang berhasil membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Namun usaha mereka untuk mengawinkan dua piala dunia kandas di final Piala Dunia 2022. Mereka terpaksa menyerah dari Argentina di partai puncak Piala Dunia yang digelar di Qatar tersebut.

Catatan emas serta rentetan prestasi yang diraih tim Ayam Jantan ini, ditambah terus menerus menghasilkan talenta muda berbakat yang tak kunjung habis, membuat Prancis menjadi salah satu tim yang paling disegani dalam setiap perhelatan akbar sepakbola, termasuk di Piala Dunia U-17 2023.

Dalam perhelatan Piala Dunia yang akan dimulai pada 10 November ini, tim Prancis yang diasuh Jean-Luc Vannuchi (53) membawa 21 pemain terbaik mereka yang merupakan alumni Euro U-17 yang digelar di awal tahun 2023.

21 pemain berbakat Prancis datang ke Indonesia dengan bekal Prestasi mumpuni. yakni menjadi finalis Piala Eropa U-17. Di gelaran itu mereka kurang beruntung karena kalah dari Jerman melalui adu penalti dengan skor 5-4 di partai final. Hasil itu memupus harapan mereka menjadi tim muda terbaik di Eropa.

Dalam catatan laman fifa.com, Piala Dunia U-17 FIFA Indonesia 2023 akan menjadi penampilan kedelapan Prancis di turnamen antar pesepak bola remaja ini. Prancis berhasil menjadi kampiun dalam gelaran Piala Dunia U-17 di tahun 2001 yang digelar di Trinidad & Tobago. Di partai final Prancis mengalahkan Nigeria dengan skor 3-0.

Prancis mencatatkan kesuksesan lolos lima kali dari sembilan edisi sejak saat itu, tetapi hanya satu kali mencapai semi final yaitu saat edisi Brasil tahun 2019.

Baca juga: Pemkot Surabaya lengkapi Stadion GBT dengan tujuh kamera 360 derajat
Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta layani kedatangan Timnas Piala Dunia U-17
Baca juga: Indonesia harus realistis buat target di Piala Dunia U-17


Berikutnya: Bagaimana peluang pasukan Ayam Jantan di Piala Dunia U-17 Jakarta?

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023