Jakarta (ANTARA) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi menyebutkan bahwa Toko Daging Nusantara (TDN) membuka gerai bisnis baru di area Kranji, Bekasi, Jawa Barat, sebagai upaya dalam mengatasi kelangkaan aneka jenis daging.

"Tujuan dibukanya TDN adalah untuk menekan inflasi sehingga kebutuhan akan daging harus disesuaikan. Selain itu untuk mencegah kelangkaan daging di suatu daerah yang berimbas pada melonjaknya harga," kata Diana Dewi dalam pernyataan tertulis yang diterima pada Jumat.

Gerai di Kranji ini, ujarnya, merupakan gerai kesembilan dari bisnis miliknya itu. Dia menjelaskan bahwa daging yang akan dijual di gerai itu akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Saat tanya awak media tentang musim kemarau yang berkepanjangan dan suhu yang tinggi akibat El Nino yang dapat menyebabkan harga daging naik, Diana menegaskan bahwa biaya produksi harus ditekan agar produk daging olahan tetap memiliki harga terjangkau.

"Dengan naiknya nilai tukar dolar, bahan baku yang juga turut naik. Kami tidak akan menurunkan kualitas, tetapi melakukan efisiensi. Dengan melakukan hal ini, semoga harga tidak bergejolak naik walaupun kondisi anomalinya sudah mulai terlihat," dia menjelaskan.

Pembukaan gerai TDN di Kranji, Bekasi, mendapat respon positif dari Penjabat (Pj) Walikota Bekasi Raden Gani Muhammad. Menurut Gani, TDN berperan besar dalam mendukung program pemerintah dalam penanggulangan inflasi serta pemenuhan bahan pangan pokok bagi warga.

"Terima kasih atas komitmen tim TDN dalam mendukung penanggulangan inflasi di Kota Bekasi. Dengan hadirnya gerai TDN yang lengkap yang menyediakan berbagai kebutuhan bahan pokok, terutama daging dan ayam dengan berbagai jenis yang serba ada serta lainnya yang lengkap," ujarnya.

Dia menilai, TDN mampu mendorong daya beli masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhannya karena harga produk-produknya terjangkau. Selain itu, ujarnya, TDN memiliki suplai dan ketersediaan yang pasti, sehingga tidak kekurangan.

Hal senada juga dikatakan Asep dan Mirna, warga Kranji yang datang saat pembukaan gerai TDN. Menurut Asep, dengan banyaknya alternatif pilihan daging serta harga yang terjangkau, dirinya tidak perlu lagi mencari ke beberapa tempat ketika berbelanja daging.

Mirna juga mengungkapkan rasa syukurnya, karena di wilayahnya ada toko yang menjual daging dan produk olahannya dengan harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan pasar tradisional.

Acara pembukaan gerai TDN juga turut dihadiri oleh Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi.

Baca juga: Ketua Kadin DKI sarankan pola kemitraan untuk majukan UMKM

Baca juga: Kadin DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur

Baca juga: Kadin DKI sebut pengusaha kaji opsi tahan kenaikan UMP 2023

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023