Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan RSCM Wina Sinaga mengatakan bahwa masyarakat perlu mewaspadai perubahan berat badan secara drastis tanpa direncanakan jadi penanda gangguan kesehatan.

"Untuk perubahan berat badan secara drastis merupakan tanda bahaya dan perlu dicari tahu apa penyakitnya," kata Wina di Jakarta, Jumat.

Dia mencontohkan pada orang-orang dengan status metabolisme sangat tinggi yang terkena penyakit bisa terjadi penurunan 5-10 persen dari berat badan awal.

Misalnya seseorang dengan berat badan awal 80 kilogram dan dalam tiga bulan terakhir atau tiba-tiba turun delapan kilogram itu perlu diwaspadai apakah terdapat penyakit penyerta.

"Misalnya ada infeksi, kanker, atau penyakit autoimun. Ini bisa saja jadi penurunan berat badan drastis yang tidak direncanakan," katanya.

Baca juga: Minum kopi bisa bantu atur berat badan, tapi, ada syaratnya
Baca juga: Jangan sepelekan sakit kepala yang berlangsung lama disertai demam


Hal yang sama juga berlaku pada orang-orang yang mengalami pertambahan berat badan secara drastis tanpa direncanakan, antara lain akibat dari gaya hidup.

Wina menuturkan gaya hidup yang dimaksud adalah jarang berolahraga, menjalani posisi-posisi statis seperti duduk di depan komputer atau menonton televisi sembari mengkonsumsi camilan, makanan tinggi kalori, tinggi gula, dan terjadi peningkatan berat badan secara drastis dapat menimbulkan risiko jangka panjang.

"Bisa menimbulkan obesitas, kemudian bisa menimbulkan penyakit diabetes, dan juga hipertensi," ujarnya.

Wina menyebut peningkatan secara drastis harus diwaspadai meskipun belum ada keluhan, belum ada gejala. Untuk itu, dia menyarankan masyarakat selalu menimbang berat badan dan cek gizi untuk menghindari risiko-risiko tersebut minimal satu bulan sekali.

Khusus untuk orang-orang yang dalam pengobatan tertentu dapat dipantau bahkan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

"Karena perubahan berat badan tersebut akan berperan cukup besar terhadap keadaan penyakit dalam terapi ataupun dalam pemantauan perkembangan," ucapnya.

Untuk menjaga perubahan berat badan dengan sehat masyarakat dapat rutin melakukan olahraga fisik, seperti latihan kekuatan otot seperti push up, angkat beban, dan pull up, tidak melewatkan sarapan pagi, mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, serat, dan protein hingga memperbanyak minum air putih dan menghindari tekanan stres.

Baca juga: Karbohidrat bukan musuh orang yang sedang diet turunkan berat badan
Baca juga: Studi: obat penurun berat badan tingkatkan risiko masalah pencernaan

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023