Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Astana, Kazakhstan, mendorong peluang ekspor produk-produk Indonesia ke Kazakhstan dan Asia Tengah melalui partisipasi di Food Expo Qazaqstan yang diselenggarakan pada 1-3 November 2023 di Almaty.

"KBRI Astana terus intensif menggenjot peluang ekspor produk-produk Indonesia ke Kazakhstan dan Asia Tengah," kata Duta Besar RI untuk Kazakhstan M. Fadjroel Rachman melalui rilis pers yang diperoleh di Jakarta, Sabtu.

Setelah partisipasi pada pameran produk halal terbesar di Asia Tengah pada September, Indonesia, kata Fadjroel, kembali hadir di Food Expo Qazaqstan, yang merupakan pameran industri makanan dan minuman berskala internasional terbesar di kawasan Asia Tengah, pada bulan ini.

“Promosi perdagangan via Expo besar di tingkat kawasan perlu gencar dilakukan guna menyongsong rencana pengesahan perjanjian perdagangan bebas Indonesia dengan Eurasia pada tahun depan," kata Fadjroel lebih lanjut.

Dalam promosinya, KBRI Astana berkolaborasi dengan Bali Tourism Board (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Bali) untuk mempromosikan daerah tujuan wisata Indonesia, khususnya Bali, selama penyelenggaraan Food Expo Qazaqstan.

Partisipasi KBRI Astana pada pameran tersebut dinilai semakin meningkatkan aktivitas hubungan bilateral Indonesia-Kazakhstan di tengah perayaan 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Food Expo Qazaqstan edisi tahun ini merupakan edisi ke-25 sejak penyelenggaraan pertama pada 1998.

Pameran secara resmi dibuka pada 1 November oleh Wakil Menteri Pertanian Kazakhstan, Azat Sultanov dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Belanda, Jan-Kees Goet. Belanda merupakan negara mitra penyelenggaraan pameran pada 2023.

Eksibitor pameran pada 2023 disebutkan semakin meningkat dari tahun lalu, yakni mencapai 577 perusahaan dari 59 negara. Pameran tersebut dikunjungi lebih dari 7000 pengunjung yang mayoritas merupakan pengusaha dan profesional di bidang industri makanan dan minuman.

Pada tahun ini, lebih dari 12 perusahaan dan UMKM Indonesia telah ambil bagian pada Food Expo Qazaqstan dalam booth pameran yang difasilitasi oleh KBRI Astana.

Partisipasi Indonesia pada pameran tersebut dinilai sangat penting guna terus meningkatkan penetrasi ekspor produk-produk berkualitas Indonesia ke pasar Kazakhstan dan Asia Tengah, serta membangun kontak bisnis dengan berbagai pengusaha dan pelaku industri di kawasan.

Baca juga: KBRI Astana pererat hubungan budaya lewat lokakarya batik
Baca juga: KBRI dan DWP KBRI Astana gelar Gastrodiplomasi lewat kelas memasak
Baca juga: Dubes ajak rombongan Kazakhstan ke Indonesia lihat peluang investasi
 

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023