Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting mengatakan turnamen yang diadakan AQUA Elektronik Indonesia, yaitu AQUA Cup 2023, bisa menjadi batu loncatan bagi para atlet muda badminton menuju level yang lebih tinggi

"Pastinya ini (AQUA Cup 2023) salah satu batu loncatan serta membantu menemukan bibit-bibit pebulu tangkis yang baru dan yang pastinya juga berkualitas," kata atlet yang akrab disapa Ginting di Jakarta, Minggu.

Melihat para peserta turnamen tersebut yang merupakan siswa SMA/SMK, membuat Ginting teringat pada awal-awal ketika ia mengikuti lomba-lomba bulu tangkis untuk mengasah kemampuannya.

Selama mengikuti kompetisi, menurut atlet berusia 27 tahun tersebut, satu hal yang penting bagi para siswa calon atlet pebulu tangkis di masa depan adalah dukungan dari orang terdekat, utamanya keluarga dan orang tua.

"Peran keluarga dan orang tua sangat penting agar tetap bisa latihan dan sekolah bisa on track. Itu harus jalan berbarengan. Kuncinya adalah konsisten, disiplin, dan kerja keras. Ketiganya harus dijaga agar bisa menyeimbangkan dua hal tadi," kata dia.

Ginting yang merupakan Brand Ambassador AQUA Elektronik berkesempatan bermain bulu tangkis bersama pemenang Grand Champion turnamen AQUA Cup 2023. Ia mengatakan kemampuan para pemenang sudah baik dan memiliki modal untuk berkembang menjadi pebulu tangkis profesional.

Ia pun berpesan kepada para peserta maupun pemenang turnamen tersebut untuk terus menggapai atau meraih mimpinya, utamanya di bidang bulu tangkis.

"Mungkin masih panjang perjalanannya, tapi percayalah pasti bisa untuk mencapai keberhasilan," kata dia.

AQUA Cup 2023 merupakan kompetisi bulu tangkis yang diselenggarakan oleh jenama AQUA Elektronik Indonesia untuk mengapresiasi para konsumen mereka di Tanah Air.

President Director AQUA Elektronik Indonesia Kenji Sadayuki mengatakan acara tersebut diadakan untuk mencari bibit-bibit atlet baru yang bisa bermain bulu tangkis di sekolah-sekolah.

"Olahraga bulu tangkis dipilih karena merupakan merupakan olahraga favorit di Indonesia, selain sepak bola," ujar Kenji.

Pada tahun ini, turnamen tersebut mengusung kampanye "Inspire Future Dreams" dengan memperkenalkan Ginting sebagai brand ambassador terbaru mereka Ginting.

Kompetisi AQUA Cup School telah digelar sebelumnya di Surabaya, Medan, Denpasar, Jakarta. Pemenang-pemenangnya, baik tunggal putra maupun ganda campuran, diundang ke Jakarta untuk bertanding di AQUA Cup 2023 untuk memperebutkan gelar Grand Champion.

Peraih Grand Champion dari kategori ganda campuran pada kompetisi tersebut adalah perwakilan dari SMKN 1 Jakarta, yaitu Farel Ando dan Deviana de Angela. Mereka mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan sebesar Rp15 juta.

Sementara itu, peraih Grand Champion dari kategori tunggal putra adalah Harun Rizky Putra dari SMK Muhammadiyah 1 Surabaya. Hadiah yang didapatkan adalah trofi dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023