Ternate (ANTARA) - Sejumlah tokoh pers di Maluku Utara ikut berbelangsungkawa atas meninggalnya Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Usman Sidik saat bermain sepakbola bersama rekan-rekan jurnalistik dalam pembukaan Bupati Cup tahun 2023 di lapangan Gelora Bahrain Kasuba (GBK), Minggu.

"Sebagai wartawan senior, Saya tentunya merasa terkejut dan bersedih mendapat kabar duka meninggalnya Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik sesaat bermain sepakbola bersama rekan-rekan wartawan," kata Wartawan Senior Malut, Abdurahman Lahabato kepada ANTARA, Minggu.

Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Usman Sidik meninggal dunia sesaat bermain sepak bola dalam rangka pembukaan Piala Bupati Cup saat menjalani laga ekshibisi bersama tim Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Halsel, Minggu (5/11/2023).

Menurut Lahabato, dirinya merasa kehilangan atas meninggalnya Bupati Halsel Usman Sidik yang dikenal sebagai juniornya di RCTI biro Maluku Utara.

Sebab, Usman Sidik yang sebelum memulai kariernya di politik dan menjadi Bupati Kabupaten Halmahera Selatan periode 2021-2024 merupakan satu-satunya wartawan yang dipercayakan untuk memimpin Kabupaten Halmahera Selatan.

"Saya tentunya merasa bangga, rakyat dan masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan percayakan Usman Sidik yang dikenal sebagai seorang wartawan untuk menjadi bupati, artinya rakyat percaya di tangan beliau integeritasnya memimpin Halmahera Selatan sudah teruji dan pembangunan berjalan dengan bersih," kata Abdurahman Lahabato yang juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Perwakilan Maluku Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019 tersebut.

Oleh karena itu, sebagai wartawan senior, dirinya sangat berbangga karena Usman Sidik meskipun menjadi Bupati Halmahera Selatan, masih menunjukkan kecintaannya terhadap jurnalis dengan menjadi bagian dari tim PWI Malut untuk bermain sepakbola dalam rangka pembukaan sepak bola Bupati Cup tahun 2023 di lapangan Gelora Bahrain Kasuba.

"Saya menilai, Bupati  Usman Sidik meninggal dunia saat menjalankan tugasnya sebagai bupati, artinya bupati meninggal dalam kondisi syahid," kata Abdurahman Lahabato.

Di tempat terpisah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malut, Asri Fabanyo mengaku terpukul atas berita meninggalnya Bupati Halsel Usman Sidik.

"Kami berbelasungkawa atas meninggalnya Bupati  Usman Sidik, selain sebagai pejabat, Usman juga merupakan senior dari teman-teman wartawan, karena sebelum memulai karirnya di dunia politik, beliau merupakan wartawan senior berkiprah sebagai wartawan RCTI biro Maluku Utara," kata Asri Fabanyo.

Asri mengatakan, Usman Sidik selain sebagai Bupati Halmahera Selatan juga menjabat sebagai Anggota Dewan Kehormatan PWI Malut, karena dedikasinya selama ini dalam mendukung program-program PWI Malut.

Seperti diketahui, Bupati Usman Sidik lahir 13 April 1973 adalah seorang politisi dan mantan Wartawan RCTI biro Maluku Utara ini rencananya akan di bawa ke Kota Ternate untuk dimakamkan pada Senin, 6 November 2023.

Usman Sidik menjabat sebagai Bupati Halmahera Selatan periode 2021-2024, lahir di Orimakurunga Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan sebagai anak kedua dari tujuh bersaudara.

Semasa SMP, ia sudah bekerja sebagai buruh kasar dan semasa SMA, ia menjadi buruh di Pelabuhan Bastiong.

Kemudian bekerja di bagian penanaman pohon kayu dari PT. Barito Pasific Timber Group, Sidangoli.

Usman Sidik kemudian meneruskan pekerjaannya dengan menjadi kontributor sejumlah stasiun televisi nasional yang meliputi TPI dan RCTI. Ia kemudian mendirikan media cetak harian bernama PT. Seputar Malut.

Seperti diketahui, Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Usman Sidik yang terjatuh dan tidak sadarkan diri langsung di bawa ke RSU Marabose Kabupaten Halsel dan dinyatakan meninggal dunia di RSU tersebut dalam usia 50 tahun.

Bupati Usman Sidik meninggal dunia sekitar pukul 18.40 Wit, setelah menjalani perawatan di RSU Marabose usai bermain sepak bola di lapangan Gelora Bahrain Kasuba.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023