Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mendesak adanya peningkatan upaya untuk membangun China yang damai.

Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China, menyampaikan pernyataan tersebut di Beijing ketika dia bertemu dengan para perwakilan unit-unit percontohan yang menerapkan "model Fengqiao" untuk mendorong tata kelola di tingkat komunitas.

"Model Fengqiao" adalah model pemerintahan sosial akar rumput di China. Xi telah mendefinisikan ulang model itu sebagai cara untuk memberdayakan masyarakat.

Xi mendorong mereka untuk melanjutkan upaya dan mengembangkan "model Fengqiao" lebih lanjut agar dapat memajukan tata kelola di tingkat komunitas pada era baru.

Diciptakan oleh masyarakat di Fengqiao, Provinsi Zhejiang, sekitar 60 tahun yang lalu, "model Fengqiao" dikenal karena mengandalkan masyarakat untuk menyelesaikan perselisihan di tingkat komunitas. Sejak saat itu, model tersebut telah dipromosikan ke seluruh China.

Sejak Kongres Nasional CPC ke-18 pada 2012, Xi telah membuat serangkaian instruksi penting mengenai penerapan dan pengembangan "model Fengqiao" lebih lanjut.

Daerah-daerah di China dengan sungguh-sungguh telah menerapkan instruksi Xi dan sangat bergantung pada warga untuk mengeksplorasi metode-metode baru tata kelola di tingkat masyarakat guna menciptakan lingkungan sosial yang aman dan stabil demi memajukan modernisasi China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023