Meulaboh (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan delapan kabupaten/kota di wilayah Aceh berpotensi hujan lebat disertai petir hingga beberapa hari ke depan.

“Potensi hujan lebat disertai petir ini karena adanya penumpukan massa udara di pantai barat selatan Aceh, yang bergerak dari timur ke barat,” kata Prakirawan Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya Yoga Alma’ruf, di Meulaboh, Senin malam.

Baca juga: BMKG minta warga Sulut waspadai cuaca ekstrem tiga hari ke depan

Ia menyebutkan delapan kabupaten/kota di wilayah pantai barat selatan Aceh yang berpotensi hujan lebat disertai petir tersebut, yakni Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, Aceh Singkil, dan Kota Subulussalam.

Berdasarkan pengamatan citra satelit, kata dia, delapan kabupaten/kota di wilayah pantai barat selatan Aceh umumnya berawan dari pagi hingga siang hari, dan pada sore hingga malam hari diprakirakan terjadi hujan lebat disertai petir.

Baca juga: BMKG imbau warga Jateng waspadai peningkatan sambaran petir

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah atau di luar ruangan khususnya pada malam hari agar mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi terjadinya banjir di Sumut,dampak hujan lebat
Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi di perairan Indonesia pada 6-8 November

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023