Untuk keperluan ini memang harus diakui perlu investasi yang relatif besar tapi ini harus dilakukan agar layanan telekomunikasi tidak mengalami gangguan,"
Jakarta (ANTARA News) - Operator telekomunikasi Indosat sedang menyiapkan jaringannya di berbagai wilayah mudik menjelang libur Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

"Untuk keperluan ini memang harus diakui perlu investasi yang relatif besar tapi ini harus dilakukan agar layanan telekomunikasi tidak mengalami gangguan," kata Group Head Channel Management Indosat Agus Nurudin di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, investasi diperlukan terutama untuk memodernisasi jaringan khususnya di berbagai lokasi yang dilalui jalur mudik dengan potensi tingkat lonjakan akses yang relatif sangat tinggi.

Hingga saat ini, modernisasi jaringan masih dalam proses untuk kawasan Jawa Barat, Jabodetabek, dan sekitarnya.

"Kalau untuk Jawa Tengah dan Bali sudah jalan, kami optimistis sudah siap untuk menyambut lonjakan trafik saat Ramadhan dan Lebaran," katanya.

Pihaknya menargetkan modernisasi jaringan di wilayah Jawa Barat, Jabodetabek, dan sekitarnya rampung Juli 2013.

Sebelumnya, pihaknya menyatakan baru bisa merampungkan sekitar 30-40 persen dari rencana modernisasi jaringan selama 2013 yang mencakup 25 ribu base transceiver station (BTS).

Namun, operator itu optimistis bahwa modernisasi jaringan khusus untuk kesiapan Lebaran bisa segera dirampungkan.

Modernisasi jaringan menggunakan dana belanja modal sebesar Rp8 triliun.

Operator itu hingga triwulan pertama 2013 tercatat melayani 55,9 juta pelanggan seluler dengan infrastruktur jaringan 22.097 BTS dan node B untuk 3G sebanyak 4.645 di samping juga memiliki ribuan titik akses wifi di delapan kota di Indonesia.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013