Banda Aceh (ANTARA) - Perusahaan startup digital membagikan tujuh tips untuk meningkatkan produktivitas sales dengan Mekari Qontak agar bisa memaksimalkan penjualan.

"Dalam dunia bisnis yang kompetitif, produktivitas tim penjualan sangat penting untuk kesuksesan perusahaan," kata Perwakilan Mekari Qontak, Mustakim yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa.

Mustakim menjelaskan, teknologi terus berkembang dengan bantuan tools yang tepat, misalnya dengan menggunakan Mekari Qontak, sebuah bisnis dapat meningkatkan produktivitas tim penjualan lebih optimal.

Baca juga: BPDPKS: PSR untuk tingkatkan produktivitas perkebunan petani kecil

Dirinya menjelaskan, teknik berjualan yang efektif merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami oleh tim penjualan bisnis. Di mana, sales harus mampu berbicara pada target market atau pelanggan terkait penawaran program/produk layanan terbaru.

"Sales juga harus mampu menangani penolakan dan menanggapi keluhan yang disampaikan pelanggan dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan pra dan purna jual terhadap pelanggan," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah tingkatkan kompetensi dan produktivitas SDM di IKN

Mustakim menuturkan, stigma yang terlanjur melekat di tengah masyarakat adalah sales person merupakan orang menyebalkan. Menelepon pelanggan tanpa kenal waktu dan menyampaikan penawaran yang tidak dibutuhkan.

Sebenarnya, ini tantangan yang harus dihadapi oleh tim penjualan, dan bagaimana cara agar tim penjualan dapat meningkatkan skill negosiasi agar lebih efektif.

Baca juga: DPPM UI latih pelaku UMKM Kota Depok untuk tingkatkan produktivitas

Melalui penggunaan aplikasi CRM Omnichannel Mekari Qontak, lanjut dia, perusahaan bisa minimalisir masalah yang mungkin dihadapi tim penjualan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas penjualan yang benar-benar optimal.

Berikut beberapa tips meningkatkan produktivitas penjualan yang bisa dilakukan oleh tim sales bisnis menggunakan Mekari Qontak.

1. Manajemen kontak yang efisien

Fitur CRM Mekari Qontak memungkinkan semua dapat mengelola kontak pelanggan dan database target market dengan lebih efisien.

Baca juga: Manajemen AirAsia-Gubernur Jatim temui keluarga penumpang

Melalui fitur ini, anda dapat menyimpan detail kontak, mengelompokkan database, dan mengatur pengingat untuk menindaklanjuti penawaran dan penjualan.

Dengan demikian, tim penjualan memiliki akses cepat pada informasi yang diperlukan untuk menjalankan penawaran dan negosiasi dengan pelanggan.

2. Otomatisasi tugas rutin

Mekari Qontak menyediakan fitur otomatisasi yang dapat membantu menghemat waktu tim penjualan anda.

Baca juga: Markas Besar TNI AL rutin sosialisasi pemahaman HAM

Semua tugas-tugas rutin seperti pengiriman email, penjadwalan pertemuan, atau pengingat tindak lanjut penjualan bisa di otomatisasi lebih efisien.

Dengan cara ini, tim penjualan bisa fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan perhatian lebih, seperti berinteraksi langsung dengan pelanggan.

3. Manajemen program lebih baik

Pengelolaan tugas-tugas dan program tim sales melalui fitur CRM Mekari Qontak dapat dilakukan dengan lebih baik.

Baca juga: Manajemen Gojek klaim program Swadaya dongkrak kesejahteraan mitra

Anda dapat memantau program yang sedang berlangsung untuk pelanggan atau target market, menetapkan tugas-tugas yang dibutuhkan, mengatur tenggat waktu, dan mengikuti kemajuan penawaran program terhadap reaksi pelanggan.

Tim penjualan bekerja dengan lebih terorganisir dan menghindari kehilangan peluang yang mungkin terjadi akibat kualitas pengelolaan program sales yang buruk.

4. Analisis kinerja tim

Aplikasi Mekari Qontak memiliki kemampuan untuk menghasilkan laporan dan analisis kinerja tim sales.

Baca juga: Tim Satgas Pangan musnahkan produk tak layak konsumsi di Palangka Raya

Melalui fitur ini, kinerja tim penjualan dapat dipantau dengan mudah. Anda dapat mengukur jumlah penjualan, rasio konversi, dan waktu yang dihabiskan untuk berbagai tahapan penjualan.

Dengan data analisis kerja tersebut, dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil tindakan yang sesuai.

5. Kolaborasi antar tim yang efektif

Mekari Qontak memungkinkan kolaborasi antar tim yang lebih efektif melalui Omnichannel. Tim penjualan dapat berbagi informasi dan catatan, berkolaborasi dalam identifikasi dan layanan pelanggan, dan menghindari tumpang tindih antara tugas dan program yang ditawarkan pada pelanggan.

Baca juga: Apresiasi tim komunikasi publik G20 bawa pesan pentingnya kolaborasi

Fitur ini sangat penting dan membantu mengoptimalkan sumber daya tim penjualan, serta meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan.

6. Pelatihan dan dukungan

Tim penjualan akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang cara berjualan yang efektif melalui penggunaan aplikasi Mekari Qontak.

Baca juga: Kemensos gelar pelatihan tim teknis pemda untuk pengelolaan data

Pengalaman dan skill tim penjualan semakin meningkat melalui fitur-fitur tersedia yang sangat diperlukan dalam setiap proses penjualan. Aplikasi juga menyediakan dukungan pengguna jika terjadi kendala dalam penggunaan.

7. Laporan dan evaluasi

Melalui aplikasi Mekari Qontak, tim penjualan mampu menyediakan laporan penjualan yang lebih sederhana, namun merangkum seluruh riwayat penjualan secara rinci dan transparan.

Data dalam laporan tersebut bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi kinerja tim penjualan serta pedoman penetapan strategi bisnis di masa depan.

Baca juga: Airlangga tunggu laporan tim teknis terkait masa depan koalisi parpol

Mustakim menjelaskan, Mekari Qontak merupakan solusi tepat untuk meningkatkan produktivitas tim penjualan bisnis. Kinerja tim penjualan lebih mudah, efektif, dan semakin meningkat melalui otomatisasi dan penyederhanaan tugas berulang.

Aplikasi yang mendukung peningkatan kinerja penjualan itu juga menyediakan fitur kelola order pada sistem CRM yang bisa dijalankan dengan mudah oleh tim penjualan.

"Kolaborasi dan kerjasama antar tim sales semakin lancar dan terorganisir berkat dukungan fitur Omnichannel," ujarnya.

Baca juga: Airlangga tunggu laporan tim teknis terkait masa depan koalisi parpol

Kemudian, tambah dia, juga bisa melakukan pelacakan lokasi tim sales lapangan dengan teknologi berbasis GPS melalui fitur tracking yang berlangsung secara real time.

Bukan hanya itu saja, juga mendapatkan laporan penjualan dan pencapaian KPI (Key Performance Indicator) secara real time yang bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan penetapan strategi bisnis selanjutnya.

"Dengan menggunakan Mekari Qontak, kinerja tim penjualan meningkat hingga 75 persen, dan pada akhirnya akan mencapai tujuan produktivitas serta target perkembangan bisnis secara keseluruhan," demikian Mustakim.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023