Tokyo (ANTARA) - Sebanyak 12 diaspora Indonesia meraih penghargaan Ambassador Award dari Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dalam penguatan hubungan Indonesia-Jepang.

“Ambassador Award ini bentuk apresiasi Pemerintah Indonesia untuk individu-individu yang telah berkontribusi dalam memperkuat hubungan Indonesia-Jepang di berbagai bidang. Tokoh-tokoh Indonesia-Jepang ini mencerminkan semangat ‘Kokoro Hitotsu-Ni’ atau ‘Satu Hati’ yang menjadi tema 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang,” ujar Dubes Heri di Tokyo, Selasa.

Penyerahan penghargaan itu dilaksanakan dalam acara “Indonesia Night” yang turut dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Indonesia Night merupakan bentuk apresiasi atas hangatnya, eratnya hubungan Indonesia dan Jepang tidak hanya dalam bidang perdagangan, investasi namun juga budaya. Acara ini juga menampilkan kekayaan wastra Indonesia yang dikenakan oleh insan-insan penerima penghargaan,” katanya.

Penerima Ambassador Award dari Indonesia adalah Associate Professor Institute of Industrial Science University of Tokyo Muhammad Aziz, Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo Dina Faoziah dan Director of Wholesale & International Bankin BNI Silvano Winston Rumantir.

Muhammad Aziz adalah seorang akademisi Indonesia terkemuka di Jepang.

Selaku Kepala Laboratorium di Universitas Tokyo, Aziz aktif memajukan kerja sama energi Indonesia dan Jepang melalui dialog track 1.5, khususnya mengenai isu-isu terkait Hidrogen.

Baca juga: Kuntoro Mangkusubroto terima Bintang Jasa dari Jepang

Dina Faoziah selaku Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri Indonesia di Tokyo telah berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran politik WNI di Jepang untuk mengikuti pemilu 2024.

Sementara itu, sahabat Indonesia penerima Ambassador Award dari Jepang berturut-turut adalah Asisten Gubernur Bank Sentral Jepang Tokiko Shimizu; Sekretaris Jenderal ASEAN Japan Center Kunihiko Hirabayashi; Executive Vice President Japan Foundation Yuri Sato; Executive Director of Japan Indonesia Association (Japinda) Norio Yamazaki; Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara; CEO of RIRI & Dot, Inc. Ririko Takano; Pengajar Ritsumeikan University Jun Honna; Mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii; dan Presiden Sasakawa Peace Foundation Atsushi Sunami.

Yuri Sato, Executive Vice President Japan Foundation, telah menulis sejumlah buku dan publikasi terkait Indonesia dalam bidang ekonomi, industri, dan juga bisnis. Ia juga fasih berbahasa Indonesia. 

Acara Indonesia Night ini dimeriahkan di antaranya oleh Dwiki Dharmawan Quintet yang menampilkan bintang tamu Purnamasari, Ivan Nestorman, dan Ade Rudiana. Ditampilkan pula tarian Bajidor Kahot dari grup Dewandaru.

Sembari menyimak penampilan berbagai budaya Indonesia, lebih dari 250 tamu undangan menikmati sajian kuliner Indonesia, seperti Karedok dan Rendang.

Indonesia Night ditutup dengan lagu tema 65 tahun Indonesia-Jepang “Satu Hati" karya Hiroaki Kato oleh Ica Zahra dan Kaito Mori.

Sebelum acara Indonesia Night, digelar Pameran Produk Kreatif UMKM Indonesia dan Investment Business Forum.

Lebih dari 150 pebisnis berpartisipasi dalam kegiatan yang antara lain diisi pemaparan 10 (sepuluh) proyek Investasi yang siap ditawarkan di Indonesia.

Baca juga: Dua Siswa Sekolah Indonesia Tokyo raih penghargaan sayembara gambar 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023