Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono mengharapkan harga daging sapi menjelang bulan puasa dan lebaran bisa di bawah Rp80.000 khususnya di wilayah Jabodetabek yang akan diupayakan melalui operasi pasar oleh Bulog.

"Untuk harga yang jelas kita berharap bisa di bawah Rp80.000 dengan operasi pasar yang akan dieksekusi oleh Bulog yang mengalokasikan 3.000 ton," ujar Suswono saat ditemui usai rakor dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis.

Suswono menuturkan, saat ini harga daging sapi di Jabodetabek masih sekitar Rp90.000, namun di sejumlah daerah harganya bervariasi.

"Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), masih Rp90.000, tapi di daerah lain ada juga yang Rp75.000, Rp80.000, Rp85.000, ya bervariasi lah," katanya.

Ia menambahkan, operasi pasar yang nantinya akan dilaksanakan oleh Bulog tidak langsung ke pasar-pasar tradisional melainkan melalui kelurahan setempat yang ditujukan agar tepat sasaran.

"Kita berharap dengan operasi pasar Bulog ini paling tidak mengamankan untuk Ramadhan dan hari raya (Idul Fitri-red)," kata Suswono.

Operasi pasar memang diproritaskan dilakukan di wilayah Jabodetabek dan Banten, karena kedua wilayah tersebut tidak memproduksi daging sapi sendiri melainkan disuplai dari daerah lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Memang utamanya untuk operasi pasar dulu supaya harga di Jakarta ini tidak naik. Kita menjaga stabilitas harganya," ujar Suswono.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013