Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie Jumat pagi meninjau pasar tradisional Pasar Jaya Palmerah, Jakarta Barat yang jaraknya beberapa ratus meter dari Gedung DPR RI.

Sehabis berolah raga pagi di lingkungan MPR/DPR/DPD RI, Marzuki yang masih mengenakan kaos putih, celana training hitam dan sepatu kets langsung menuju Pasar Palmerah dengan berjalan kaki.

Marzuki terkejut dengan kenaikan harga-harga bahan pokok seperti beras, daging, sayur mayur serta ikan.

Setiap bertanya kepada pedagang, Marzuki menerima keluhan dari pedagang karena mahalnya harga sembako sehingga kesulitan menjual kepada masyarakat. Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok naik rata-rata 10 persen.

"Saya ingin melihat secara langsung kehidupan riil masyarakat dibawah, ingin mendapatkan informasi langsung masyarakat terutama kondisi harga-harga sembako saat ini dan ternyata hampir semua pedagang mengatakan harga sembako dan komuditas lainnya telah naik rata-rata di atas 10 persen," kata Marzuki di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Jumat.

Informasi yang didapat dari pedagang dan masyarakat di pasar tersebut menjadi hal penting dan berguna untuk disampaikan ke pemerintah.

"Sehingga pemerintah dapat melakukan antisipasi dan menambah pasokan kebutuhan bahan pokok sehingga harga-harga tidak melambung yang akhirnya memberatkan masyarakat," kata Marzuki.

Kunjungan ke pasar tradisional tersebut, Marzuki juga sempat sarapan lontong dan minum jamu yang merupakan kebiasaannya setiap hari.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013